Loading...

Tes Memprediksi Secara Akurat Langgeng dan Akhirnya Berpisah

By KainSutera.com Categories: Cinta dan Asmara, Info Remaja
Seberapa besar rasa cinta pasangan pada Anda? Coba berikan tes psikologi padanya. Peneliti University of Rochester, Amerika Serikat, berhasil menggunakan kuis untuk memprediksi secara akurat perasaan 50 pasangan ketika terpisah selama 12 bulan. Tes menggunakan teknik kata psikologis untuk menemukan apa yang benar-benar dipikirkan seseorang tentang pasangannya. Lalu, seberapa mudah mereka mengasosiasikan pasangannya dengan kata-kata positif atau negatif yang ada. Jika seseorang lebih mudah dan cepat menemukan kata-kata yang menyenangkan atau positif mengenai pasangannya, menurut para peneliti, mereka memiliki hubungan yang kuat dan langgeng.

Sebanyak 222 orang terlibat dalam penelitian. Hanya 116 orang yang melakukan tes lanjutan. Dari responden yang terlibat, sebesar 16 persen atau 19 orang di antaranya mengalami perpisahan. Hasil tersebut sudah diprediksi sebelumnya oleh para peneliti. Dalam melakukan tes tersebut, para relawan diminta untuk mengisi kuesioner tentang hubungan mereka dan tes kata asosiasi. Pengujian didasarkan pada teknik yang sering digunakan untuk mendefinisikan perasaan rasisme atau bias, yaitu kondisi seseorang yang sulit mengakui eksistensi dirinya sendiri.

Relawan diberikan nama pasangan dan melihat monitor yang menampilkan tiga jenis kata. Kata-kata positif seperti damai atau berbagi, kata-kata negatif seperti kematian dan tragedi atau nama pasangannya sendiri. “Seseorang yang menunjukkan perasaan negatif pada pasangan berisiko tujuh kali lebih mungkin untuk putus hubungan pada tahun berikutnya,” Rogge menambahkan.(ywn)

Tes Memprediksi Secara Akurat Langgeng dan Akhirnya Berpisah | KainSutera.com | 4.5