Loading...

Pria Juga Ternyata Cemas Menghadapi Penuaan yang Akan Dialaminya.

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup, Info Remaja
Menjadi keriput, rambut beruban serta kulit tak kencang lagi merupakan proses penuaan yang ditakuti banyak wanita. Tak hanya wanita, pria juga ternyata cemas menghadapi penuaan yang akan dialaminya.

Ada empat tanda penuaan yang paling ditakuti kaum adam:

Fisik lemah.

Kehilangan kekuatan fisik bisa membuat pria merasa tidak percaya diri. Bahkan jika pria tak mampu mengangkat sesuatu yang berat, maka mereka akan berpikir: ‘Pria macam apa aku’. Merasa lemah sebagai salah satu bagian tanda penuaan yang ditakuti 9 dari 10 orang pria yang disurvei awal tahun ini oleh American Geriatrics Society Foundation (AGSF) dan Abbott Labs.

Pensiun.

Memasuki masa pensiun sering membuat sebagian pria merasa cemas. Meski tidak semua pria merasakan hal ini, tidak sedikit pria yang bertanya-tanya, ‘Jika saya tak lagi berkarier, apa yang bisa saya lakukan?’. “Pria takut pensiun, karena cara mereka mendefinisikan diri dan bagaimana mengisi waktu mereka,” kata pakar kesehatan Laurie Jacobs.

Impoten.
“Impoten adalah hal paling ditakuti pria. Ketika libido menurun, kondisi ini bisa membuatnya rendah diri,” kata Ken Robbins, psikiater sekaligus profesor spesialis penyakit dalam di Universitas Wisconsin, AS. Kecemasan pria pada performa bercinta ini sebenarnya tidak mengejutkan, mengingat sebuah penelitian di Inggris pada 2008 menunjukkan bahwa pria memikirkan seks 13 kali sehari, dibandingkan dengan bagi wanita 5 kali sehari.

Lupa ingatan.

Pria lebih rentan mengalami pikun lebih dini ketimbang wanita. Berdasarkan sebuah penelitian Mayo Clinic yang dimuat dalam jurnal September 2010 menyatakan, satu dari lima pria usia 70-85 tahun mengalami demensia awal. Demensia adalah masalah kesehatan yang sering dicemaskan banyak orang, khususnya pria.

Pria Juga Ternyata Cemas Menghadapi Penuaan yang Akan Dialaminya. | KainSutera.com | 4.5