Orang Sukses Biasanya Mengerjakan Sesuatu Sesuai Minat


Di tengah frustasi atas sebuah pekerjaan, seseorang mungkin akan berpikir untuk mengubah jalur karier. Tapi, benarkah itu menjadi pilihan tepat untuk mengatasi karier yang mandeg atau sekedar keluar dari rasa jenuh?  Sebelum memutuskan mengubah jalan karier atau alih profesi, sebaiknya lakukan analisis sederhana mengenai kehidupan profesional Anda. Sebab, orang yang sukses biasanya adalah orang yang mengerjakan sesuatu sesuai minat dan kemampuannya. Banyak orang yang terjerumus pada kegagalan karena terlalu memaksakan diri.

 
READ:  5 Pekerjaan Ringan Penambah Penghasilan

Berikut tips untuk menganalisis kehidupan profesional Anda:

Cari tahu minat terbesar.
Normalnya, seorang karyawan bekerja delapan jam per hari. Terlepas dari pekerjaan, cari tahu aktivitas di luar pekerjaan yang mampu menarik minat dan membuat Anda tak malas melakukannya.

Buat daftar minat.

Dari begitu banyak tugas yang diberikan perusahaan, pilah mana yang Anda suka dan mana yang tidak.

Tentukan tipe rekan kerja terbaik.
Anda tentu tidak bekerja sendiri di kantor. Buatlah daftar tentang orang-orang seperti apa yang menurut Anda cocok untuk bekerja sama dengan Anda, dan mana yang tidak. Jelaskan alasannya secara rinci, baik dari segi karakter, latar belakang pendidikan, perilaku, dan sebagainya.

Buat daftar rincian pekerjaan idaman.

Daftar ini akan menjadi track atau rel panduan, sehingga Anda berada di jalur karir yang memang sesuai dengan minat Anda. Tapi tentu, Anda juga harus menyesuaikannya dengan background pendidikan.

READ:  Tips Supaya Dicintai Oleh Bos