Loading...

Etika Bisnis untuk Sebuah Nama dan Jabatan

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup, Info Remaja, Karir dan Pekerjaan, Tips Dewasa
Saat meeting dua perusahaan yang berbeda, momen perkenalan menjadi pembuka yang sangat penting. Sepertinya memang sepele, tinggal sebut siapa saja yang hadir dan topik apa yang akan dibicarakan, ditambah sedikit embel-embel kata sambutan maka beres sudah. Saat mengenalkan dan menyebut siapa saja itu yang harus Anda perhatikan.

Nama.
Salah pengucapan nama jelas membuat si empunya nama bergidik menahan geram, apalagi jika dibarengi dengan tawa kecil orang-orang di sekitarnya. Terbayang kan pembicaraan kerja sama dua perusahaan jika awalnya sudah begini? Oleh karena itu, jika Anda ragu pengucapan sebuah nama, jangan takut untuk bertanya pada yang punya nama. Jika Anda yang berada di posisi si empunya nama, jangan mempersulit. Ucapkan dengan jelas untuk membantu si penanya mengucapkan nama Anda dengan benar dan jangan lupa untuk tersenyum.

Mendadak lupa.

Oleh karena terlalu gugup saat harus membuka meeting, Anda mendadak lupa nama orang yang duduk di tengah itu. Daripada pura-pura lupa dan melewati orang tersebut saat perkenalan, sebaiknya Anda bertanya kembali saat perkenalan dengan mengatakan “Mohon maaf, bisa diulangi nama bapak siapa?”. Sebutkan namanya dan lanjutkan perkenalan.

Jabatan.

Untuk mengenalkan orang dari luar perusahaan, cukup sebutkan namanya secara formal dengan sebutan ‘Bapak’ atau ‘Ibu’ tanpa menyebut jabatannya untuk menghormati para petinggi perusahaan Anda. Dalam bisnis, sebutan formal untuk wanita adalah Miss, entah itu dia sudah menikah atau belum. Akan lebih baik jika Anda menanyakan beliau ingin disebut Mrs. atau Ms. Jika menggunakan Mrs., gunakan nama depan dan bukan nama suaminya, contoh : Mrs. Andrea, bukan Mrs. Palmer.

Etika Bisnis untuk Sebuah Nama dan Jabatan | KainSutera.com | 4.5