Momen Makan Bersama Dalam Keluarga

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup, Keluarga
Tidak semua keluarga dapat kumpul makan bersama keluarga, di karenakan mungkin ada yang sibuk bekerja. Seorang teman menimpali percakapan kami tentang makan bersama dalam satu keluarga. Menurut dia, tradisi makan bersama itu hanya milik orang-orang bangsawan, kalau momen spesial untuk orang-orang modern itu ya saat jalan-jalan bersama. Ternyata tidak hanya dia yang berpendapat demikian, karena sebuah penelitian yang diberitakan di dailymail juga menemukan, bahwa satu dari sepuluh keluarga tidak pernah duduk bersama untuk menikmati menu makan malam bersama.

Sementara mereka yang memaksa untuk makan malam bersama, satu dari lima keluarga, hanya menghabiskan waktu 10 menit untuk berada di meja makan. Disebutkan alasan yang biasanya menyebabkan hal ini adalah kesibukan sekolah dan juga jam kerja yang panjang, sehingga mereka hanya bisa makan bersama setidaknya satu kali dalam seminggu, yaitu saat weekend. Alasan lain yang sering diungkapkan adalah 36 persen menyebutkan setiap anggota keluarga memiliki jadwal makan malam yang berbeda-beda, tergantung kegiatan dan rasa lapar mereka; 16 persen lainnya merasa tidak enak untuk duduk diam atau mengobrol dengan anggota keluarga yang lain, sehingga memilih untuk makan sambil menyibukkan diri sendiri.

Menurut Richard Woolfson, seorang psikolog anak, yang dibutuhkan untuk mengembalikan kebiasaan makan malam bersama adalah perubahan di sikap dan perkataan, komitmen dari orang tua dan anak-anak untuk mengutamakan makan malam bersama, dan perjanjian untuk meninggalkan sejenak handphone, televisi dan pengalih perhatian lainnya saat berada di meja makan. Sebuah petuah Cina mengajarkan, bicarakan hanya hal-hal baik saat makan bersama. Ini akan sangat membantu Anda untuk menciptakan suasana nyaman di meja makan. Hindari membicarakan kesalahan salah satu anggota keluarga, mengadili mereka saat makan, mengungkap masa lalu yang tidak baik maupun menceritakan masalah yang sedang dihadapi oleh keluarga Anda.

Momen Makan Bersama Dalam Keluarga | KainSutera.com | 4.5