Loading...

Cara Pintar untuk Bernegosiasi

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup, Info Remaja, Karir dan Pekerjaan, Tips Dewasa
Negosiasi punya peranan penting untuk mencapai suatu target kerja. Jika menguasai teknik negosiasi, perjalanan Anda menuju puncak karier akan lebih mulus dibandingkan mereka yang tidak punya kemampuan bernegosiasi yang baik. untuk bernegosiasi yang dibutuhkan hanya kemampuan berkomunikasi yang baik dan penampilan sempurna. Anggapan ini tentu saja tidak salah.

Untuk sukses bernegosiasi dibutuhkan poin-poin lain:

Persiapan.
Kepercayaan diri akan meningkat drastis jika Anda juga melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan dalam rangka bernegosiasi. Misalnya, ketika Anda bernegosiasi perihal pembangunan di sebuah kawasan, Anda perlu mempersiapkan data-data geografi dan demografi di sekitarnya, walaupun hal tersebut tidak diminta atasan atau klien.

Informasi, informasi, informasi.
Sebelum memulai segala negosiasi, Anda perlu memiliki semua informasi yang relevan dan up to date yang terkait dengan tujuan negosiasi Anda. Anda tentu akan merasa nyaman.

Bersikap kritis.
Negosiasi dapat berlangsung karena adanya kebutuhan dari kedua belah pihak. Biasanya proses ‘tawar menawar’ ini menjadi alot dan berkepanjangan karena salah satu atau masing-masing pihak tidak mengetahui kebutuhan pihak lainnya. Hal ini bisa terjadi karena ketidakpekaan atau karena memang pihak tersebut sengaja menyembunyikan kebutuhan inti.

Cara Pintar untuk Bernegosiasi | KainSutera.com | 4.5