Loading...

Mengatasi Kosentrasi Pada Saat Kerja

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup, Info Remaja, Karir dan Pekerjaan, Tips Dewasa
Mungkin Anda menderita ADHD atau hanya memiliki masalah fokus yang berkepanjangan dari waktu ke waktu, tak dapat disangkal bahwa dunia modern sekarang dipadati oleh para pembunuh konsentrasi yang kerap berkeliaran. Psikologis Lucy Jo Palladino, PhD, menawarkan beberapa tips untuk mengatasi deretan pengganggu konsentrasi kerja,

Berikut beberapa tips untuk mengatasi deretan pengganggu kosentrasi kerja:

Banyaknya emal.

Email… nongol begitu saja dalam inbox, dan mendesak minta jawaban. Meski banyak email yang berhubungan dengan pekerjaan, tetap saja rombongan surat masuk tersebut berpotensi mengganggu konsentrasi. Anda tentu saja takkan membuat kemajuan apapun dalam pekerjaan bila me-reply email, setiap kali ia masuk.

Multitasking.
Benar bahwa wanita bisa melakukan banyak hal dalam sekali waktu, namun apakah hasilnya maksimal? Hal ini jelas masih dipertanyakan. Saran: Kerjakan dan selesaikan satu demi satu, demi hasil maksimal, dan dalam waktu yang lebih singkat.

Jaringan sosial di dunia maya.
Membaca komentar atau posting kenalan di wall bisa membuat hati kacau, pikiran menebak-nebak, hingga berbagai reaksi pengalih perhatian lainnya. Hal ini jelas mengganggu fokus Anda untuk ‘tetap’ pada pekerjaan. Saran: hindari ‘membuka’ situs jejaring sosial selagi Anda masih bekerja. Jika terpaksa untuk memeriksa, lakukan saat jam istirahat saja.

Ponsel.
Rasanya benda berdering satu ini jauh lebih mengganggu daripada email. Selain suaranya, menjawab setiap panggilan yang masuk selagi bekerja akan menghambat pekerjaan dan mengacaukan fokus. Saran: matikan ponsel dan check SMS/ panggilan yang masuk saat jam tertentu atau pada waktu istirahat saja.

Keluhan.
Seseorang yang memenuhi pikirannya dengan keluhan dan kekhawatiran tentu saja akan sulit untuk fokus. Jika tak dikendalikan, apa yang dipikirkan bisa jadi bumerang untuk produktivitas. Saran: Salah satu cara manjur untuk mengeluarkannya dari benak Anda adalah dengan menuliskannya.

.

Mengatasi Kosentrasi Pada Saat Kerja | KainSutera.com | 4.5