Loading...

Pemeriksaan Saat Menjelang Pernikahan

Baju pernikahan, mobil pengantin, katering, serasa ada 1000 item yang harus dipersiapkan jelang pernikahan. Satu dan lainnya bertumpuk kadang bahkan terlupakan. Dan sering kita melupakan hal yang satu ini, pemeriksaan kesehatan. Jika Anda pernah mengalami masalah kesehatan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk Anda dan pasangan membuat riwayat kesehatan lebih detil. Penyakit yang pernah dialami, dan obat-obatan apa saja yang pernah dikonsumsi.

Temui dokter jika Anda pernah mengalami satu dari hal berikut:

Riwayat penyakit kronis.
Diabetes, Hipotiroidisme, Hipertensi, Sel Sabit, Endometriosis bahkan tukak lambung bisa menyebabkan kemandulan. Bukan melalui penyakitnya, tetapi dari obat yang pernah dikonsumsi bisa menghambat konsepsi. Konsultasikan resep obat yang pernah Anda dapat dengan dokter.

Penyakit menular seksual.
Gonorhoe dan Klamidia adalah salah satu penyebab utama ketidaksuburan. Bahkan herpes pun menjadi penyebab ketidakmampuan rahim untuk memulai kehamilan. Beberapa penyakit menular seksual dapat disembuhkan dengan obat, oleh karena itu konsultasikan dengan dokter Anda.

Fungsi reproduksi atau siklus yang abnormal.
Siklus haid yang tidak teratur dan atau kesulitan mempertahankan ereksi seringkali dianggap biasa, namun sebenarnya kedua hal tersebut tak dapat diabaikan begitu saja. Masalah kesuburan kerap menjadi pemicu dalam sebuah rumah tangga. Untuk itu, sebelum berkembang menjadi masalah yang besar, ada baiknya masing-masing pasangan mengecek kondisi reproduksi.

Pengobatan dan pembedahan penyakit.
Perawatan penyakit dengan menggunakan radiasi terutama pada pengobatan kanker dapat menyebabkan kemandulan pada kedua jenis kelamin. Pria yang mengalami penyakit gondok selama masa pubertas mungkin memiliki gangguan produksi sperma. Wanita yang pernah mengalami operasi panggul atau perut rentan terhadap perlekatan panggul yang menghambat pembuahan.

Pemeriksaan Saat Menjelang Pernikahan | KainSutera.com | 4.5