Tekanan Ekonomi Dalam Keluarga Kerap Berimbas Keutuhan Rumah Tangga

By KainSutera.com Categories: Cinta dan Asmara, Gaya Hidup, Info Remaja, Keluarga, Pernikahan
Masalah finansial merupakan salah satu penyebab paling umum terjadinya pertengkaran rumah tangga. Tekanan ekonomi dan goncangan dalam keuangan kelu arga kerap berimbas pada keutuhan rumah tangga. Pasangan yang tidak materialistik cenderung lebih tahan menghadapi goncangan dari luar maupun dari dalam. Pasangan suami-istri yang tidak materialistik lebih kuat 10-15 persen daripada pasangan yang salah satu atau keduanya serakah.
Merea juga lebih cenderung memiliki tabungan dan investasi yang menjadi penolong saat masa sulit seperti saat salah satu terkena PHK.

Pasangan yang menilai uang memiliki nilai lebih tinggi seringkali kurang responsif terhadap pasangan mereka dan kurang memerhatikan hubungan. Pasangan seperti ini, kata Carroll, lebih memilih mencari kebahagiaan lewat harta benda dan bukan dari pasangan. Sebaliknya, dalam hubungan pasangan non-materialistik, ada penekanan  nilai dasar yang bisa menjadi kekuatan saat hubungan menghadapi masalah, seperti menjaga agar keutuhan keluarga. Pasangan dan keluarga seperti ini akan dapat bertahan pada situasi yang sangat sulit.

Tekanan Ekonomi Dalam Keluarga Kerap Berimbas Keutuhan Rumah Tangga | KainSutera.com | 4.5