Loading...

Cara Memperkenalkan Pacar Keorangtua

By KainSutera.com Categories: Cinta dan Asmara, Info Remaja, Tips Dewasa
Cara memperkenalkan Pacar KeorangtuaSetelah hubungan cinta semakin mantap, saatnya memperkenalkan sang kekasih kepada keluarga. Agar momen istimewa ini semakin lancar, tak ada salahnya Anda dan si dia melakukan beberapa persiapan. Sebab seperti Anda tahu, momen mengenalkan pacar ke orangtua bisa jadi saat yang paling menentukan. Jika kesan pertama gagal, bisa jadi hubungan ke depan pun terancam. Berikut 7 Kiat Lancar Mengenalkan Pacar ke Orangtua, yaitu :

1. Informasi Awal
Sebelum membawa sang kekasih bertemu orangtua, pastikan mereka sudah mengetahui tentang hubungan Anda. Jika belum, ceritakan sedikit tentang hubungan Anda dengan si dia. Beri juga informasi tentang siapa dia. Jawab pertanyaan orangtua dengan jujur untuk menghindari masalah di kemudian hari. Begitu juga sebaliknya, Anda sebagai pihak yang berada di tengah harus menjadi penghubung yang baik. Berikan informasi ke pacar tentang seperti apa orangtua Anda, apa yang disukai dan tidak disukai mereka. Informasi kecil seperti tim bola kesayangan ayah atau hobi favorit ibu juga bisa menjadi info yang berharga untuk memulai pembicaraan. Jika keduanya sudah merasa tidak terlalu buta tentang siapa yang akan dihadapi, mereka bisa sedikit lebih santai.

2. Tempat Yang Nyaman
Sebagai bagian dari keluarga, tentu Anda yang lebih tahu kapan waktu dan tempat yang tepat untuk bertemu orangtua. Setiap orangtua bisa berbeda-beda. Ada yang lebih nyaman menerima tamu di rumah, ada yang lebih suka bertemu di tempat umum seperti restoran atau cafe. Untuk yang satu ini kepentingan orangtua lebih dipertimbangkan.

3. Momen Yang Tepat
Perhatikan juga momen yang tepat. Pastikan orangtua Anda setuju dan tidak terganggu jika Anda memutuskan untuk membawa sang kekasih di ulang tahun pernikahan mereka. Apabila Anda akan menggunakan momen spesial seperti pernikahan kakak, ulang tahun ayah, atau acara keluarga lainnya, pastikan menanyakan kepada orangtua tentang pendapat mereka. Tentu Anda tak mau sang pacar dianggap sebagai perusak suasana.

4. Kesan Pertama
Kesan pertama memang sangat menentukan. Jadi, sebaiknya jangan sia-siakan momen tersebut. Sebagai pacar yang baik, beri pengertian dia untuk menghormati orangtua Anda pada acara khusus ini. Tidak ada salahnya meninggalkan jins robek-robek, sandal jepit, dan kaos lusuh saat bertemu orangtua pacar untuk kali pertama. Anda tidak diminta mengubah kepribadian dalam berpakaian, tapi sebaiknya hormati orangtua kekasih dengan berpakaian sedikit lebih rapi dan bersih. Pastikan pakaian yang dikenakan sesuai dengan tempat dan acara yang akan didatangi. Jika pacar memang benar-benar mencintai Anda tentu hal ini tidak menjadi masalah. Memberi hadiah kecil saat datang bertemu orangtua bisa dianggap sebagai tindakan yang baik. Tak perlu berlebihan, bawa saja makanan kesukaan orangtua atau makanan yang sesuai dengan acara. Bukan berarti orangtua Anda matrealistis, namun sikap seperti ini menunjukkan pacar Anda sebagai pribadi yang perhatian dan menghormati si pengundang.

5. Pendukung
Jika adik atau kakak sudah mengenal dan cocok dengan sang kekasih, sebaiknya ajak mereka turut serta dalam pertemuan ini. Kehadiran kakak dan adik yang sudah lebih mengenal bisa dijadikan pendukung dan pihak yang bisa membantu mencairkan suasana. Tak perlu menunjukkan keakraban berlebihan yang justru akan membuat orangtua Anda merasa terintimidasi atau malah terasingkan. Pastikan percakapan yang terjadi seimbang dan tidak menyudutkan salah satu pihak.

6. Sikap Yang Tepat
Tahan keinginan Anda untuk terlalu mesra dengan pacar di depan orangtua. Tak perlu terlalu menunjukkan hangatnya hubungan Anda dengan berpelukan atau memamerkan kemesraan. Beberapa orangtua akan menganggap sikap tersebut sebagai tanda kurang menghormati kehadiran mereka. Bersikaplah sewajarnya, hormati orangtua dan hargai keberadaan mereka. Bangun pembicaraan yang menyenangkan yang membuat orangtua bisa lebih mengenal pacar. Sikap seperti ini lebih berefek positif ketimbang mengumbar kemesraan yang berlebihan.

7. Setelah Selesai
Selesai sudah pertemuan sang pacar dengan orangtua Anda. Setelah selesai pastikan pacar mengucapkan terimakasih dan meninggalkan kesan yang baik. Untuk membuat hubungan pacar dan orangtua semakin lancar, lakukan evaluasi kecil berdua tentang apa yang terjadi pada pertemuan tersebut. Jika orangtua Anda sedang dalam mood yang baik, tanyakan pendapat mereka tentang si pacar. Masukan tersebut bisa jadi informasi yang baik agar si pacar bisa memenangkan hati orangtua Anda. Perlu diingat, Anda sebagai penengah harus bisa menyampaikan informasi ke dua belah pihak dengan baik. Pilih bahasa yang netral agar kedua belah pihak bisa menerima masukan dengan senang tanpa merasa tersinggung. Jika orangtua masih tetap tak setuju usai pertemuan pertama, jangan langsung berkecil hati. Coba cari tahu ganjalan mereka. Tanyakan kepada kakak, adik, atau bahkan tante Anda yang mungkin mengetahui masalah ini. Siapa tahu ada sikap si pacar yang kurang berkenan di hati orangtua. Tentu Anda akan lebih bahagia jika hubungan dengan sang kekasih mendapat restu orangtua, bukan? Selamat mencoba.

Cara Memperkenalkan Pacar Keorangtua | KainSutera.com | 4.5