Aku Sudah Remaja


Aku Sudah RemajaMerujuk pada arti kamus, definisi remaja adalah penggolongan manusia yang berusia 12 tahun hingga 21 tahun. Golongan ini merupakan transisi dari apa yang disebut sebagai masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Seperti halnya masa transisi lainnya, manusia dalam golongan ini pun cenderung tidak stabil dan banyak mengalami goncangan, dikarenakan pijakan yang diandalkan masih sangat goyah.

 

Dalam cara berpikir dan bersikap masih antara mencoba-coba meninggalkan cara kanak-kanak tetapi belum mau menggunakan cara-cara dewasa yang sebenarnya. Transisi yang terjadi juga merujuk pada perkembangan fisik, dimana pada masa ini anak gadis akan pertama kali mendapat haid, perubahan tubuh dan perubahan suara.

READ:  Jatuh Cinta Ibaratkan Dengan Memakai Kokain

Sedangkan anak laki-laki juga akan tumbuh jakun, tubuh bertambah kekar dan tinggi, kemudian suara juga semakin berat.Dalam masa transisi inilah masalah cenderung banyak terjadi akibat kelabilan emosi mereka. Keinginan untuk bersosialisasi dan mendapat pengakuan akan keberadaanpun semakin kuat.

Mereka tidak mau lagi ikut bersama-sama bapak dan Ibu mereka untuk diajak berkunjung ke rumah paman, bibi atau teman-teman orang tua mereka. Pada masa ini, remaja lebih suka bergaul dan bersosialisasi dengan orang-orang yang dianggap sebaya ataupun yang dianggap teman oleh mereka. Pokoknya yang tidak ketuaan atau juga yang tidak terlalu anak kecil.

READ:  Pergaulan Bebas di Waktu Kuliah

Apabila orang tua cenderung memaksa, akibatnya dalam fase ini akan timbul pemberontakan secara emosi karena dianggap bahwa orang tua tidak mengakui integritas pendapat dan keinginannya. Tentu dalam hal ini yang disinggung adalah pengakuan akan keberadaan mereka di dunia untuk dianggap sejajar sebagi manusia.

Manusia dalam fase remaja juga senang sekali berangan-angan akan masa depan atau tentang fantasi mereka akan kehidupan. Bagaimana menjadi pusat perhatian dan selalu dilihat dan dipuja sekitarnya.

READ:  Memiliki Disiplin Dalam Hidup dan Mempertahankannya

Akibat kelabilan mereka, manusia pada fase ini mudah sekali terpengaruh pada lingkungan sekitar yang mayoritas berada dekat pada mereka. Dikarenakan kecenderungan untuk bergaul dengan orang luar selain keluarga lebih kuat, maka masa ini dianggap cukup berbahaya. Apabila teman-teman dekatnya memberi pengaruh yang buruk, maka remaja akan secara mengalir masuk kedalam pengaruh itu dan merasa keberadaannya terancam apabila ia mencoba keluar dari lingkungannya.