Mengetahui Fungsi Di Balik Pendidikan Karakter (Watak)


Mengetahui Fungsi Di Balik Pendidikan Karakter (Watak)KAINSUTERA.COM – Setiap orang tercipta dengan karakter yang berbeda-beda. Pertanyaan kami disini apakah karakter tersebut dapat dirubah yang tadinya tidak baik menjadi lebih baik? Olehnya itu ada yang disebut dengan pendidikan karakter atau jalan yang ditempuh untuk bisa membentuk suatu karakter / watak dari seseorang agar bisa menjadi lebih baik lagi.

 

Sebetulnya membentuk karakter untuk lebih baik tergantung dari lingkungan yang ditempati. Jika tempat tinggal Anda dapat disebut positif maka tidak akan menjadi suatu masalah, namun jika Anda berada dalam lingkungan masyarakatnya negatif maka besar kemungkinan Anda akan ikut juga dan hal ini harus dihentikan dan dicegah agar nantinya tidak menimbulkan karakter yang negative.

READ:  Bentuk Pelanggaran yang Sering Dilakukan Siswa di Kelas

Pada dasarnya pendidikan karakter bukan saja harus dipelajari oleh anak namun orang dewasa juga sangat penting untuk mempelajarinya. Sebab dengan belajar bagaimana membangun suatu karakter yang baik dan juga positif tentu saja nantinya akan berdampak positif juga untuk diri sendiri. Untuk belajar membentuk karakter yang positif sendiri pada dasarnya cukup sederhana yaitu dengan meyakinkan pada diri sendiri dan juga keluarga bahwa dengan memiliki karakter yang baik nantinya akan mendapatkan dampak yang positif pula.

Pembentukan karakter sendiri nantinya bisa membuat dampak yang positif sehingga kehidupanpun menjadi lebih bermakna. Kemudian mempelajari mengenai karakter sendiri juga memiliki fungsi tersendiri, adapun beberapa fungsi dari pendidikan karakter sendiri adalah sebagai berikut:

  • Membentuk dan juga mengembangkan potensi dari dalam diri seseorang agar nantinya bisa berpikiran baik dan juga dapat berperilaku yang baik kepada siapapun. Dengan hal tersebut tentu saja nantinya seseorang akan bisa lebih dihormati karena mau menghormati orang lain.
  • Memperbaiki dan juga memperkuat karakter yang positif yang memang sudah terdapat di dalam diri seseorang. Dengan adanya pendidikan pembentukan karakter tersebut tentu saja nantinya setiap orang / masyarakat akan lebih maju dan juga mandiri.
  • Kemudian pendidikan untuk karakter sendiri berfungsi untuk memilah – milah nilai budaya dan juga menyaring. Sehingga nantinya bisa dipisahkan mana yang baik dan juga mana yang buruk, dengan demikian tentu saja karakter yang tertanam dalam diri dapat bermanfaat.
READ:  Hal yang Perlu dipertimbagkan Sebelum Melepas Keperawanan

Jadi pengertian pendidikan karakter sendiri memang sangat penting untuk diikuti, karena dengan mengikuti pendidikan tersebut nantinya karakter yang tertanama pada diri akan lebih baik. Untuk bisa belajar bagaimana membangun suatu karakter yang baik sendiri bisa dilakukan sendiri yaitu dengan selalu berpikir positif dan juga menjauhkan semua hal yang negative.

Namun sekarang ini juga sudah ada banyak sekali sekolah – sekolah atau lembaga yang memang mengajarkan bagaimana cara membangun serta mengembangkan karakter yang ada di dalam diri seseorang secara lebih baik sehingga nantinya akan mendapatkan dampak yang baik pula.

READ:  Bos yang Bijak Karyawan Menjadi Sehat