Tips Mudik Lebaran Bersama Keluarga Lebih Nyaman


Membuat Mudik Lebaran Bersama Keluarga Lebih NyamanBanyak alasan orang pergi merantu meninggalkan kampung halaman dan kini saatnya untuk kembali karena mendekati hari lebaran apalagi hari lebaran tinggal beberapa hari lagi, bagi anda yang ingin mudik bersama keluarga untuk kembali kekampung halaman sebaiknya anda mengikuti beberapa hal sebelum anda meninggalkan tempat anda.

 

Mudik dengan memboyong anak dan anggota keluarga lainnya tentu bukan perkara yang mudah. Selain mempersiapkan segala sesuatunya lebih banyak, tentu jadwal keberangkatan juga harus ditentukan secara bersama pula agar aktivitas anak dan keluarga yang ingin ikut mudik tidak saling berbenturan satu sama lainnya.

Berikut ada beberapa yang harus anda ketahui sebelum mudik lebaran bersama keluarga agar kegiatan mudik menjadi menyenangkan.

1. Tulis daftar perlengkapan atau kebutuhan yang ingin dibawa
Ini adalah point penting yang pertama kali harus Anda lakukan. Catat setiap kebutuhan yang akan Anda bawa selama mudik berlangsung agar tidak ada satupun perlengkapan yang terlupa.

2. Prioritaskan kebutuhan anak terlebih dahulu
Jika Anda membawa anak Anda yang berusia masih kecil (kira-kira di bawah 15 tahun), Anda harus rela mengalah untuk lebih dulu memrioritaskan kebutuhan mereka. Apalagi, jika Anda memboyong bayi, tentu Anda harus ekstra mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan anak Anda selama perjalanan mudik. Jangan sampai ada yang terlupa, karena jika begitu maka nantinya yang repot Anda sendiri.

3. Persiapkan uang yang cukup
Tidak ada mudik yang cuma-cuma yang tidak membutuhkan uang. Sediakan uang tunai di dompet Anda untuk mempermudah melakukan transaksi pembayaran jika ada yang ingin Anda beli selama mudik. Ingat, jangan sekali-sekali bergantung pada kartu ATM dan kartu kredit Anda semata! Tidak semua tempat menyediakan mesin ATM dan tidak semua tempat pula yang mengizinkan Anda untuk membayar dengan kartu kredit. Jadi, alangkah lebih baiknya jika Anda menyediakan uang tunai yang cukup untuk pengeluaran Anda selama mudik berlangsung. ATM dan kartu kredit yang Anda bawa bisa menjadi alternatif untuk pembayaran jika memang tempat yang Anda tuju memungkinkan untuk melakukan sistem pembayaran seperti itu.

READ:  Tips Agar Suami Istri Selalu Bahagia

4. Konsumsi makanan sehat bergizi sebelum perjalanan mudik dimulai
Kebanyakan orang melupakan kegiatan makan makanan yang bergizi dikarenakan sibuk mengurus segala sesuatu yang harus dipersiapkan untuk mudiknya. Makanan bergizi 4 sehat 5 sempurna akan membantu tubuh Anda dan anak untuk lebih kuat dan tidak mudah lelah. Mudik yang menghabiskan banyak waktu diperjalanan akan membuat tubuh Anda merasa lelah. Apalagi jika Anda mudik menggunakan transportasi umum yang berdesak-desakan dan berhimpit-himpitan dengan penumpang lainnya, lelahnya akan terasa sangat luar biasa. Untuk itu mengonsumsi aneka panganan yang sarat gizi akan membantu ketahanan tubuh Anda dari rasa lelah. Makanan bergizi yang Anda konsumsi sebelum mudik tentu akan menghasilkan energi yang baik untuk tubuh Anda. Terlebih lagi untuk anak-anak yang Anda bawa, mereka pasti lebih mudah terserang rasa lelah dibandingkan orang dewasa. Untuk itu sediakan susu instant siap minum, beberapa buah-buahan, atau jus siap minum sebagai bekal bergizi selama mudik berlangsung. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi vitamin untuk anak dan diri Anda sendiri agar kondisi tubuh tetap prima.

READ:  Menciptakan Suasana Keluarga Yang Harmonis

5. Kenakan pakaian yang nyaman di tubuh.
Jarak yang Anda tempuh selama perjalanan mudik tentu saja berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Semakin jauh jarak yang Anda tempuh, semakin cepat Anda merasa bosan d perjalanan. Agar tetap nyaman, kenakan pakaian yang simpel. Terlebih untuk buah hati Anda. Anak akan rewel jika ia merasa tidak nyaman. Jangan kenakan pakaian yang terlalu ketat, terlalu tebal, dan tidak menyerap keringat. Kenakan saja pakaian berbahan kaos seperti T-Shirt dan celana katun ringan. Jika suhu dingin, Anda bisa menyertakan jaket yang bisa dilepas pasang sewaktu-waktu.

6. Ingat mudik, ingat obat anti mabuk
Banyak orang yang tidak terlalu tahan berada di perjalanan selama berjam-jam. Ada yang bisa mabuk transportasi darat, mabuk transportasi udara dan mabuk transportasi laut. Jika sudah rasa pusing dan mual menyerang sepanjang perjalanan mudik, tentu saja perjalanan mudik menjadi tidak nyaman dan menyenangkan lagi. Semakin parah mabuk perjalanan yang Anda atau anak Anda alami, semakin tidak nyamanlah perjalanan mudik Anda sekeluarga. Untuk itu, sebelum mudik dimulai, minumlah obat anti mabuk yang kini tersedia untuk anak dan dewasa agar selama perjalanan Anda tidak perlu direpotkan dengan keluhan mual dan pusing berlebihan.

READ:  Tips Pernikahan Untuk yang Baru Jadi Suami

Dari beberapa tips di atas yang harus Anda lakukan sebelum perjalanan mudik dilakukan, ada beberapa anjuran yang penting Anda ingat ketika mudik, antara lain:

7. Tidak mengenakan perhiasan berlebihan
Ini penting sekali untuk Anda hindari selama mudik. Jangan kenakan perhiasan apapun secara berlebihan di tubuh Anda dan anak. Penggunaan perhiasan yang berlebihan akan mengundang perhatian para pencopet, penjambret dan perampok untuk melakukan perbuatan kriminal kepada diri Anda dan anak.

8. Tidak membawa barang yang mudah rusak, busuk dan pecah
Tidak dianjurkan untuk membawa barang-barang yang kualitasnya cepat rusak, busuk, dan pecah. Ini akan merepotkan dan bahkan membahayakan anak dan anak Anda jika pecahan barang-barang yang Anda bawa mengenai tubuh Anda, anak dan anggota keluarga yang ikut mudik dalam satu angkutan transportasi yang sama.

9. Tidak menggunakan transportasi pribadi atau umum yang sudah padat penumpang
Jika Anda tetap memaksakan diri berada dalam sebuah transportasi dengan penumpang yang melebihi kapasitas muatannya, maka hal tersebut sangat beresiko dan harus dihindari. Banyak kasus kecelakaan yang terjadi selama mudik berlangsung hanya karena muatan penumpang lebih besar daripada kapasitas transportasi yang Anda gunakan!