Loading...

Sehatkan Gusi dan Gigi dengan Serat Makanan

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup
Sehatkan Gusi dan Gigi dengan Serat MakananDengan adanya gusi dan gigi kita manusia dapat mencerna makanan dengan baik karena sebelum makanan masuk dalam lambung tentunya harus di hancurkan terlebih oleh gusi dan gigi begitu pentingnya gusi dan gigi ini kita semua harus menjaga kesehatannya. Ketua dari Ikatan Periodontologi Indonesia mengatakan bahwa “Makanan berserat seperti buah dan sayur punya kemampuan self cleansing alami pada plak gigi. Gigi yang bersih menghindarkan gusi dari peradangan,” olehnya itu Kecukupan serat bagi tubuh ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan gusi.

Makanan berserat tinggi juga dapat menstimulasi aliran air ludah (saliva), yang berperan menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Sebagai alat pertahanan, saliva dapat menetralisir asam penyebab kerusakan gigi. Saliva juga mengandung kalsium dan fosfat, yang dibutuhkan sebagai nutrisi untuk memperbaiki kerusakan awal dari jaringan gigi.

Selain itu, konsumsi makanan berserat mampu menstimulasi gigi menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan makanan berserat memiliki tekstur renyah, sehingga menuntut gigi mengunyah lebih kuat. Makanan juga harus dikunyah lebih lama supaya halus dan mudah ditelan.

Selain mengkonsumsi makanan berserat, tentunya gigi harus rutin dibersihkan. Gigi yang bersih akan mencegah terjadinya peradangan gusi (inflamasi), yang ditandai adanya pendarahan. Sedikitnya gigi harus dibersihkan usai sarapan dan sebelum tidur.

Peradangan yang mampu dicegah akan menghindarkan gigi lekas tanggal. Untuk usia tua gigi tanggal memang peristiwa lumrah dikarenakan menurunya kalsium dalam tubuh. Namun tetap saja kesehatan gusi dan gigi harus dijaga sebaik-baiknya.

Sehatkan Gusi dan Gigi dengan Serat Makanan | KainSutera.com | 4.5