Loading...

Mengembangkan Sikap Positif Terhadap Remaja

By KainSutera.com Categories: Pendidikan
Mengembangkan Sikap Positif Terhadap RemajaSeorang remaja dalam kehidupan kesehariannya penuh dengan perasaan yang tidak karuan jiwanya seperti terganggu dengan sesuatu yang sangat berat untuk dipikulnya sekan dunia telah mencapakannya dan terhanyut dalam kejamnya dunia yang sedang ia pijak. Begitulah hidup terkadang begitu kejam terhadap anda namun anda mesti menjalaninya yang terpenting buat anda jangan hanyut dengannya berlarut-larut anda harus bangkit dan paling penting anda harus tetap berfikir positif. Seorang penulis Jessica Padykula memaparkan terdapat beberapa langkah yang dapat kita coba untuk menangani pikiran negatif.

1. Hidup di saat ini
Memikirkan masa lalu atau hari esok yaitu hal yang kerap bikin kita kuatir. Jarang sekali kita panik lantaran peristiwa saat saat ini. Bila Anda temukan pikiran anda terkukung dalam apa yang sudah berjalan atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwasanya cuma masa saat ini yang dapat Anda kontrol.

2. Katakan Hal Positif Pada diri Sendiri
Katakanlah pada diri Anda bahwasanya saya ini kuat, Anda dapat. Katakan hal itu secara terus-menerus, kapanpun. Terlebih, awalilah hari dengan menyampaikan hal positif perihal diri sendiri dan hari itu, tak perduli bila hari itu Anda mesti menetapkan keputudan yang begitu sulit maupun Anda tak meyakini apa yang sudah Anda katakan pada diri sendiri.

3. Yakin pada kemampuan pikiran positif
Bila Anda berfikir positif, beberapa hal positif akan tiba serta kesulitan-kesulitan bakal jadi lebih mudah. Sebaliknya, bila Anda berpikiran negatif, beberapa hal negatif bakal menimpa Anda. Hal semacam ini yaitu hukum universal, seperti seperti hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tak lagi gampang untuk merubah pola pikir Anda, tetapi usahanya sepadan dengan hasil yang dapat Anda petik.

4. Janganlah berdiam diri
Susuri apa yang membuat Anda berpikiran negatif, perbaiki, dan kembali maju. Bila hal itu tak dapat diperbaiki lagi, berhentilah mengeluh serta menyesal lantaran hal semacam itu cuma bakal menggunakan waktu serta kekuatan Anda, juga membuat Anda terasa lebih buruk. Terimalah apa yang sudah terjadi dalam hidup Anda, ambil hikmahnya saja pelajaran dari perihal tersebut, dan kembali maju.

5. Konsentrasi serta catat beberapa hal positif
Disaat kita sedang sedang berpikiran negatif, kerapkali kita lupa akan apa yang kita punyai serta lebih fokus pada apa yg tidak kita punyai. Bikinlah suatu jurnal rasa sukur. Tidak jadi masalah waktunya, setiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari itu.

Hal positif itu dapat berbentuk beberapa hal besar maupun sekadar beberapa hal kecil seperti ‘hari ini cerah’ atau ‘makan sore hari ini menakjubkan’. Sepanjang Anda terus berkesinambungan melaksanakan aktivitas ini, hal semacam ini dapat merubah pemikiran negatif Anda jadi suatu pemikiran positif. Serta saat Anda mulai terasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal itu.

6. Bergeraklah
Olahraga melepas endorphin yang dapat membuat perasaaan Anda menjadi tambah baik. Apakah itu sebatas jalan mengelelingi blok maupun lari sejauh sepuluh km., kegiatan fisik bakal bikin diri kita merasa tambah baik. Saat Anda merasa down, kegiatan olahraga lima belas menit bisa bikin Anda terasa tambah baik.

7. Hadapi Rasa Takut
Perasaan negatif nampak dari rasa takut, semakin takut Anda bakal hidup, semakin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Bila Anda takut bakal suatu hal, kerjakan suatu hal itu. Rasa takut yaitu sisi dari hidup tetapi kita mempunyai pilihan tidak untuk membiarkan rasa takut menghentikan kita.

8. Cobalah beberapa hal baru
Mencoba beberapa hal baru dapat juga menambah rasa percaya diri. Dengan menyampaikan ya pada kehidupan Anda membuka tambah banyak peluang untuk bertumbuh. Jauhi pikiran ‘ya, namun… ‘. Pengalaman baru, kecil atau besar, membuat Hidup jadi lebih mengasyikkan serta bermanfaat.

9. Rubah cara pandang Anda
Saat suatu hal tak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal itu dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam tiap-tiap tantangan ada keuntungan, dalam tiap-tiap keuntungan ada tantangan.

Mengembangkan Sikap Positif Terhadap Remaja | KainSutera.com | 4.5