Loading...

Ajarkan Anak Tidak Gugup Ketika Menghadapi Ujian

By KainSutera.com Categories: Keluarga
Ajarkan Anak Tidak Gugup Ketika Menghadapi UjianAnak yang masih berada didunia pendidikan tentunya selalu diberikan bimbingan oleh orang tuanya dirumah selain pelajaran yang dia dapatkan disekolah karena kebanyakan anak sekolah pada saat belum menghadapi ujian terlihat santai-santai saja dan ketika sudah di hadapakan dengan ujian banyak anak terlihat stress dan gugup. Apakah anak anda salah satu dari banyaknya anak yang stress dan gugup ketika ujian?

Jika itu terjadi, mungkin mereka sedang dalam tekanan menghadapi ujian. Sebagai orang tua peran Anda sangat penting untuk memberikan dorongan agar mereka tetap semangat. Menjadi tenang dan percaya diri merupakan solusi untuk anak Anda. Berikut yang dapat dilakukan oleh orang tua ketika anaknya merasa stress atau gugup dalam menghadapi ujian sekolah.

Membuat Jadwal
Ujian akan menjadi suatu yang melelahkan jika anak Anda tidak mempersiapkan apa-apa sebelum ujian. Situasi ini dapat dihindari ketika anak Anda mengikuti jadwal dengan tepat. Buatlah jadwal untuk anak Anda seperti jadwal belajar, jadwal membuat karya ilmiah dan waktu untuk bermain.

Cukup Tidur
Pastikan bahwa anak-anak Anda tidur lebih awal pada hari sebelum ujian. Hal ini dianjurkan untuk mendukung aktifitas mereka di esok hari. Kurang tidur akan menyebabkan anak Anda mudah lelah dan tidak dapat berkonsentrasi. Hindari juga hal-hal yang dapat membuat anak Anda stres. Berikan Anak Anda dukungan agar mereka tetap semangat.

Hindari Situasi Yang Membuat Stres
Sebagai orang tua Anda harus tau bagaimana cara menghindari hal-hal yang akan membuat anak Anda stres. Hindarilah hal seperti membicarakan prestasi atau peringkat kelas karena dapat membuat anak stres sebelum memasuki ujian. Berikanlah kata-kata motivasi yang akan membuat anak Anda melepaskan seluruh stres yang mereka alami.

Mengorganisir
Anda dapat membantu anak Anda mempersiapkan bahan-bahan apa saja yang harus dibawa sebelum ujian. misalnya mempersiapkan pencil, buku atau tas. Itu akan membuat anak berpikir bahwa Anda sangat peduli padanya.

Jadilah Pendukung
Membuat komunikasi secara terbuka akan membuat Anda tahu apa yang menyebabkan anak Anda stres dalam ujian. Anda bisa memecahkan solusi seperti menawarkan hiburan setelah ujian atau sekedar jalan-jalan. Ini akan membantu anak Anda lebih semangat dan percaya diri.

Itulah beberapa yang dapat dilakukan oleh  orang tua agar anak tidak gugup ketika menghadapi ujian. Semoga bermanfaat.

Ajarkan Anak Tidak Gugup Ketika Menghadapi Ujian | KainSutera.com | 4.5