Loading...

Fokuskan Pernikahan Walaupun Bimbang Masalah Keuangan

By KainSutera.com Categories: Pernikahan
Fokuskan Pernikahan Walaupun Bimbang Masalah KeuanganBanyak orang sudah memasuki usia yang cukup untuk melangsungkan pernikahan akan tetapi sepertinya mereka bimbang akan banyak hal dan salah satunya adalah masalah keuangan. Kecukupan finansial merupakan salah satu syarat utama untuk melangsungkan pernikahan. Memang tidak harus memiliki kekayaan yang berlimpah, tapi cukup untuk membiayai kebutuhan sehari-hari (dan kebutuhan anak).

Jika anda masih merasa bimbang, tunda dulu keinginan untuk menikah sampai kamu yakin bahwa kamu dan dirinya siap baik secara finansial ataupun secara moril.  Kemudian, apakah anda sudah pernah membicarakan hal ini dengan pasanganmu?

Ada baiknya anda bicarakan hal ini baik-baik dengan pasangan anda. Ceritakan ketakutanmu pada dirinya. Ajak dirinya untuk membuat perencanaan ke depan. Pembuatan perencanaan memang tidak akan serta merta langsung menghapus kebimbanganmu terhadap masalah ini. Namun, pembuatan perencanaan setidaknya akan mampu memberikan gambaran bagaimana nanti akan menghadapi kebutuhan kalian jika kalian menikah. Semoga dengan mengetahui hal tersebut, anda akan mendapatkan sedikit ketenangan dan mengurangi kebimbanganmu terhadap dirinya.

Untuk masalah keyakinan, hal ini memang merupakan masalah yang krusial. Keyakinan merupakan hal yang prinsipil. Namun, biasanya masalah terjadi apabila kedua pasangan berbeda keyakinan. Jika kedua pasangan seiman, saya rasa tidak ada masalah. Meskipun kedua orangtuanya berbeda keyakinan dengan pasanganmu, selama pasanganmu dan dirimu tetap mampu mempertahankan keyakinan masing-masing, kenapa tidak?

Fokuskan Pernikahan Walaupun Bimbang Masalah Keuangan | KainSutera.com | 4.5