Loading...

Mewaspadai Penindasan Gosip di Kalangan Kantor

By KainSutera.com Categories: Karir dan Pekerjaan
Mewaspadai Penindasan Gosip di Kalangan KantorAda yang bilang jika bekerja di kantoran itu sungguh menyenangkan tidak usah kerja terlalu keras seperti kerja bangunan. Memang kenyataannya demikian tetapi anda harus tahu jika anda tidak kerja di kantoran ternyata ada satu hal yang paling perlu di waspadai yaitu masalah gosip yang tidak sedap anda dengar apalagi gosip itu mengenai anda dan ini adalah salah satu bentuk penindasan di kantor. Sebenarnya, gosip di kantor merupakan hal yang lumrah. Namun, jika frekuensi gosip tentang Anda sudah berlebihan, ada baiknya segera melakukan sesuatu.

1. Pertama, Anda perlu introspeksi diri. Mungkin saja gosip itu timbul karena Anda terlalu menarik perhatian. Entah dari cara Anda berpakaian, tingkah laku, maupun hal lainnya sehingga orang lain tertarik untuk menjadikan diri Anda sebagai bahan omongan.

2. Gosip biasanya diembuskan oleh seseorang dengan niat tertentu, misalnya karena iri dan ingin menjatuhkan. Untuk menaklukkan gosip, Anda boleh memilih untuk melancarkan aksi diam atau tak peduli. Tetapi, pastikan bahwa Anda memang tidak terganggu oleh isi gosip yang beredar. Dengan bersikap cuek, Anda sekaligus membuktikan bahwa Anda bukan orang yang mudah terintimidasi dan gampang dijadikan objek penderita. Alhasil lama-kelamaan penyebar gosip (dan rekan yang ikut termakan gosip itu) juga akan bosan, dan pada akhirnya gosip akan reda dengan sendirinya.

3. Jika gosip makin parah dan berpotensi mengganggu karier, itu saatnya Anda ’melawan’. Datangi beberapa rekan kerja yang membicarakan sesuatu tentang Anda. Tunjukkan sikap hangat. Jangan terlihat murung atau menghindari pergaulan di kantor.

4. Saat Anda sudah mengetahui penyebar gosip, ajak dia ketemu dan bicarakan empat mata di luar kantor. Hal ini untuk menghindari munculnya pihak lain yang justru bisa memperkeruh suasana. Selain itu, Anda juga tidak bisa menjamin apakah obrolan akan berlangsung tenang atau justru menimbulkan percekcokan jika dibicarakan dalam kantor. Jelaskan akibat dari perbuatannya terhadap lingkungan kerja dan diri Anda. Gunakan kata-kata tegas dalam menyampaikan keinginan Anda untuk mengakhiri masalah tersebut.

Mewaspadai Penindasan Gosip di Kalangan Kantor | KainSutera.com | 4.5