Rahasia Dibalik Ekor Setiap Binatang


Rahasia Dibalik Ekor Setiap BinatangTentunya bagi setiap agama percaya jika Tuhan menciptakan setiap sesuatu itu tidaklah sia-sia. Segala hal di dunia ini tercipta dengan maksud dan tujuan tertentu. Termasuk keberadaan ekor pada binatang. Lalu apa sebetulnya dibalik terciptanya ekor dari setiap binatang? Mengapa binatang harus memiliki ekor sedangkan kita, manusia, tidak? Rahasia-rahasia dasar keberadaan ekor binatang dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berikut ini:

 

1. Menjaga Keseimbangan dan Membantu Pergerakan
Bagi beberapa binatang, ekor berfungsi sebagai penjaga keseimbangan, terutama saat melakukan kegiatan tertentu. Misalnya kucing yang menggunakan ekor mereka sebagai penyeimbang saat berjalan di tempat-tempat “berbahaya” seperti atap rumah atau pinggir jurang.

READ:  Cara Etika Ber-SMS yang Benar untuk Anak

Tupai juga menggunakan ekor sebagai penjaga keseimbangan saat mereka berada di atas pohon. Fungsi yang masih berkaitan dengan menyeimbangkan badan adalah membantu pergerakan.

Burung dan ikan menggunakan ekor sebagai pengendali arah bergerak, bahkan cheetah menggunakan ekor untuk membantu proses berbelok dan berbalik saat sedang berlari kencang mengejar mangsa.

2. Sebagai Alat Komunikasi
Contoh binatang yang menggunakan ekor sebagai alat komunikasi adalah burung merak dan anjing. Burung merak jantan menggunakan ekor mereka yang sangat cantik sebagai alat untuk menarik perhatian merak betina untuk melangsungkan perkawinan.

Sedangkan anjing menggunakan ekor sebagai media untuk menyampaikan sesuatu (biasanya kepada pemiliknya). Anjing akan menggoyang-goyangkan ekor saat merasa senang, dan menurunkan ekor saat merasa sedih.

READ:  Ketika Anak Anda Terjerumus Narkoba

3. Alat Pertahanan Diri
Ya, pertahanan diri menjadi hal yang sangat penting terutama di alam liar. Buaya, kalajengking, kanguru, ular dan kadal adalah contoh binatang-binatang yang menggunakan ekor sebagai alat untuk mempertahankan diri.

Beberapa hewan menggunakan ekor secara langsung untuk menyerang lawan, seperti buaya, kalajengking dan kanguru. Ada pula yang menggunakan ekor sebagai pengalih perhatian, seperti yang dilakukan kadal dan cicak.

4. Menjaga suhu tubuh
Rubah yang hidup di daerah dengan perubahan suhu ekstrim menggunakan ekor mereka yang panjang dan hangat sebagai selimut alami. Menjaga agar mereka tidak mati kedinginan saat tidur.

READ:  Alasan Konkrit Tertundanya Kelulusan Sebagai Mahasiswa

Leopard salju, keluarga jauh kucing, juga menggunakan ekor mereka yang panjang dan tebal untuk menutupi leher dan bagian tubuh lain saat malam hari.

5. Fungsi Lain
Selain fungsi-fungsi yang disebutkan di atas, masih banyak binatang yang memanfaatkan ekor mereka untuk berbagai keperluan. Misalnya kera yang menggunakan ekor panjang mereka sebagai tangan yang bisa membantu memanjat pohon hingga memegang ranting pohon atau buah pisang.

Kuda dan sapi menggunakan ekor untuk mengusir lalat dan serangga lain yang datang menggaggu.