Trik Jika Ingin Semangat Belajar Bertambah


Trik Jika Ingin Semangat Belajar BertambahKebanyakan anak sekolah maupun mahasiswa tidak memiliki semangat yang besar untuk menambah ilmu pengethauan mereka karena banyak sebab. Terkadang anak yang sedang belajar disebuah universitas atau kampus, selalu mengeluh akan tugas yang menumpuk, sehingga membuat jadwal belajar tidak teratur dan harus diselesaikan sesuai keinginan sang dosen. Belum lagi belajar untuk persiapan kuis. Padahal yang namanya semangat untuk belajar itu tidak bisa ditebak. Kadang-kadang muncul dengan menggebu-gebu dan seringkali menurun. Inilah yang membuat banyak mahasiswa lama meraih kelulusan, karena tidak bisa melawan semangat dan kemalasannya. Namun beberapa trik berikut dapat menolong anda untuk mengembalikan semangat ketika sedang belajar ataupun mengerjakan tugas.

 

Makan Dulu yang Kenyang
Jangan lupa makan. Kurangnya asupan kalori dalam tubuh bisa membuat kamu menjali lemas dan pusing untuk berfikir. Sebelum belajar sebaiknya makan terlebih dahulu, untuk menambah tenaga agar bisa berfikir. Tapi jangan makan terlalu banyak juga, nanti kamu malah mengantuk.

Makan kripik yang pedes
Makanan yang pedas bisa merangsang syaraf otak untuk bekerja dan mata kamu menjadi melek. Para Mahasiswa yang bosan dengan dosennya, bisa membuat mata mereka tetap melek dengan keripik pedas ini. Dan cara ini bisa juga kamu terapkan ketika sedang belajar sendirian di kamar.

READ:  Cegah Miskomunikasi di Tempat Kerja

Bersemedi
Kalau semangat lagi turun, biasanya disebabkan karena banyaknya masalah yang kita pikirkan. Nah jika semangat kamu turun, jangan memaksakan untuk belajar. Bersemedilah sebentar, kira-kira 15-20 menit untuk menenangkan pikiran dan relaksasi. Setelah itu, kembali ke tugas-tugas mata kuliahmu.

Dengerin Musik yang Bersemangat
Musik salah satu media yang bisa menjadi sahabat yang menemani belajar. Ada yang bilang sebaiknya jangan menyetel musik yang keras seperti musik rock. Jangan salah, terkadang musik yang alirannya “keras” lebih membantu, karena secara tidak sadar anda bisa meluapkan emosi sambil teriak-teriak hingga puas. Tapi semua tergantung dari anda sendiri. Jika musik lembut lebih bisa membuat berkonsentrasi, sebaiknya pilih musik jazz atau klasik.

Minta dukungan Si Doi
Tidak ada yang lebih menyenangkan dari dukungan sang kekasih tercinta. So pasti fungsi Doi harus bisa sebagai penyemangat dong, bukan sekedar menguras kantongmu atau berkata-kata gombal. Sekali-kali minta Doi lebih kreatif menyusun kata-kata gombalnya untuk menyemangati anda. Selain anda lebih semangat, anda bisa melatih kecerdasan dan kekreatifan Doi dalam dunia pergombalan dan penyemangatan, yang dampaknya bikin kamu tidak bosen jadi pacarnya.

READ:  Gangguan Kesehatan Mental Pelajar Makin Tinggi

Cari Partner Belajar yang Serius
Dalam dasar psikologi komunikasi, ada sebuah teori yang mengatakan jika manusia merupakan makhluk sosial yang selalu berubah-ubah. Lingkungan adalah salah satu faktor yang bisa merubah manusia, termasuk teman dan pergaulan. Itu mengapa anak polos bisa menjadi perokok setelah berada dalam lingkungan perokok, sebaliknya anak yang tadinya nakal dan susah diatur, pada akhirnya jadi alim dan disiplin di lingkungan pesantren. Begitu juga dalam belajar.

Menjauh dari Internet
Banyak yang bilang untuk belajar dan mengerjakan tugas mencari referensi dari internet lebih mudah dan praktis. Namun coba anda perhatikan dan tanya diri anda sendiri. Ketika kalian dihadapkan dengan internet, apa yang terjadi? Tidak lain yang pertama dibuka adalah jejaring sosial, artikel-artikel konyol hingga situs-situs yang tidak boleh dibuka anak dibawah umur. Akhirnya waktu anda terbuang karena keasyikan atau menjadi galau pas liat status gebetan anda. Sebenarnya referensi yang paling bagus untuk anda cari adalah buku. Selain kamu lebih fokus, penjabarannya juga lebih lengkap. Bukan berarti sumber dari internet tidak layak layak di gunakan. Syaratnya anda harus bisa mengendalikan diri, sumber yang didapat terpercaya dan tidak tergoda untuk copypaste.

READ:  Obesitas Berhubungan Dengan Fungsi Seksual

Cari Tempat Belajar yang Tenang dan Nyaman
Hilangnya semangat belajar pastinya selain karena anda sedang galau, juga karena anda merasa boring dan jenuh. Saatnya pergi jauh-jauh dari kamar sempitmu. Cari tempat yang nyaman dan bikin anda tenang. Selain itu, dengan berjalan-jalan sebentar sebelum sampe ke tujuan akan bikin pikiran kamu lebih fresh dan terbuka.

Semua cara tersebut tetep tidak akan berguna jika anda tidak bisa meyakinkan diri sendiri untuk lebih fokus. Jadi dari sekarang belajarlah lebih dewasa untuk pengendalikan semangat anda.