Ini Dia Tips Agar Sukses Di Job Expo


Ini Dia Tips Agar Sukses Di Job ExpoJob Fair atau Job Expo sering diselenggarakan sebagai sarana untuk mempertemukan perusahaan dengan calon-calon karyawannya. Ada banyak perusahaan yang ikut serta, sehingga dengan hanya mendatangi tempat di mana diselenggarakannya pameran ini, Anda bisa langsung melamar ke banyak perusahaan. Dengan demikian, dapat menghemat waktu dan biaya daripada harus mendatangi atau mengirim surat lamaran kepada perusahaan satu per satu. Jika saat ini Anda serang mencari pekerjaan, ikuti tujuh tips berikut yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan dan meningkatkan jenjang karir Anda.

 

– Cari Informasi

Cari tahu kapan dan di mana Job Fair akan dilaksanakan. Untuk mendapatkan jadwal Job Fair, Anda dapat mencarinya pada iklan di koran, internet atau dengan mengikuti milis pencari kerja atau milis universitas. Informasi lain yang perlu unutk diketahui adalah informasi tentang perusahaan mana saja yang ikut serta. Informasi ini akan membantu Anda mencari tahu company profile, reputasi perusahaan dan menentukan apakah Anda tertarik untuk memasukkan lamaran pekerjaan.

– Siapkan CV

READ:  Bergunjing Memberi Efek Buruk di Tempat Kerja

Curriculum Vitae (CV) berisi data-data pribadi orang yang akan melamar. Buat CV secara padat dan jangan lebih dari 3 halaman. Periksa apakah penulisan nama, alamat dan no telepon/HP sudah diisi dengan benar. Setelah membuat CV, baca dan periksa kembali CV tersebut untuk mengetahui apakah ada kata-kata yang salah. Jangan lupa untuk menyimpan CV dalam bentuk softcopy dengan nama yang mudah dicari dan simpan dalam flash disk. Lakukan scanning antivirus untuk memastikan tidak ada virus yang dapat merusak data.

Softcopy CV penting sebagai cadangan apabila CV yang telah dicetak pada kertas rusak, hilang atau kurang. Dengan mempunyai CV, Anda dapat dengan mudah mencetak kembali pada warnet atau dapat mengirimkan melalui email. Selain itu, ada perusahaan-perusahaan atau penyelenggaraan Job Fair yang meminta CV dalam bentuk softcopy yang akan memudahkan saat pencarian.

– Pikirkan Jawaban dari Pertanyaan

Ketika akan melamar, beberapa pertanyaan umum yang diajukan adalah mengapa tertarik dengan bidang pekerjaan yang dilamar, apa yang Anda ketahui tentang perusahaan, apa kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Coba pikirkan jawaban-jawaban seandainya pertanyaan itu diajukan. Mempersiapkan jawaban dari pertanyaan dapat membuat Anda lebih percaya diri saat menjawabnya.

– Bawa Perlengkapan Pendukung

READ:  Terlihat Profesional Saat Bekerja Terapkan Hal Ini

Bebrapa perlengkapan seperti pulpen, flash disk, laptop adalah beberapa peralatan yang penting untuk dibawa. Seperti pulpen yang penting untuk mengisi formulir, flash disk sebagai media penyimpanan softcopy CV, laptop untuk menyimpan data atau memperlihatkan contoh aplikasi yang sudah pernah dibuat.

– Persiapkan Fisik dan Pikiran

Caranya adalah dengan cukup tidur pada malam sebelum mengikuti Job Fair karena kurang tidur dapat membuat fisik Anda tidak fit, mood tidak baik dan membuat penampilan Anda tidak fresh. Bahkan, jika dilakukan wawancara langsung, bisa-bisa Anda tidak nyambung saat diwawancara. Ini akan memperburuk nilai Anda.

– Penampilan yang Baik

Ketika akan menghadiri Job Fair, jangan remehkan penampilan pribadi Anda. Walau sebagian perusahaan pencari tenaga kerja hanya meminta CV untuk ditindaklanjuti kemudian, tetapi ada juga yang langsung melaksanakan wawancara. Maka penampilan penting untuk memberi kesan rapi dan profesional. Ketika akan menghadiri Job Fair, kenakan pakaian dan penampilan yang rapi layaknya Anda akan wawancara kerja. Anda dapat membaca tips pakaian saat wawancara kerja di artikel berikut: Penampilan saat Wawancara Kerja.

– Ramah dengan Peserta Lain

READ:  Bisnis Internet Marketing

Walau sama-sama mencari pekerjaan, bukan berarti harus bermusuhan dengan peserta lain bukan?! Bersikap ramah dan berusaha mencari teman seperjuangan akan membuat suasana lebih santai dan menyenangkan. Dengan adanya teman, Anda tidak akan merasa bosan saat harus mengantri atau dapat berbagi pengalaman yang berharga. Selain itu, siapa tahu teman baru Anda ini bisa menjadi koneksi untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan persiapan yang baik dan pikiran positif, kini Anda dapat mendatangi Job Fair dengan percaya diri. Semoga tips ini dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.