Loading...

Pernikahan Berjalan Lancar, Berikut Perencanaannya

By KainSutera.com Categories: Pernikahan
Pernikahan Berjalan Lancar, Berikut PerencanaannyaPernikahan adalah suatu ikatan yang mempersatukan antara pria dan wanita untuk menjalin rumah tangga. Seorang pria maupun wanita yang ingin melangsungkan pernikahan tentunya harus disibukkan dengan perencanaan yang matang agar acara tersebut berjalan dengan lancar karena semua pasangan pasti menginginkan acara pernikahannya berjalan lancar dan sempurna sesuai dengan keinginannya. Untuk itulah diperlukan adanya perencanaan pernikahan sedini mungkin agar semua kesalahan bisa dihindari dengan segera.

Sebuah acara resepsi pernikahan hendaknya direncanakan tiga sampai enam bulan sebelum dirayakan, agar semua persiapan matang dan siap dengan sempurna. Sehingga pada saat acara resepsi dimulai, Anda tidak akan terbebani oleh persiapan-persiapan yang tertinggal seperti misalnya urusan fotografi pernikahan atau lainnya. Dan tentu Anda dapat menikmati acara yang akan menjadi acara pertama dan terkahir sesuai harapan Anda tentunya.

Di Indonesia sendiri yang memiliki beragam adat budaya, acara resepsi pernikahan masih menerapkan aturannya masing-masing daerah. Upacara adat pada acara resepsi adalah sesuatu hal yang menarik dan berkesan, karena akan berbeda ditiap daerah.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum merencanakan upacara pernikahan Anda adalah sebagai berikut:

1. Pastikan data semua tamu yang akan diundang, dari keluarga, relasi, sahabat dan juga teman lama. Jangan sampai ada yang terlewatkan.

2. Pilihan waktu yang tepat untuk mengadakan acara, biasanya acara resepsi diadakan pada hari sabtu atau minggu, dimana sebagian besar orang pada hari tersebut sedang libur.

3. Siapkan dana cadangan jika nanti dirasakan ada keperluan mendesak. Tidak ada salahnya menyiapkan dana cadangan untuk keperluan yang diluar perkiraan.

4. Untuk mempermudah semuanya tidak ada salahnya jika kita menggunakan jasa wedding planner tapi tetap mendiskusikannya terlebih dahulu agar semua sesuai dengan keinginan kita.

5. Walaupun kita menggunakan jasa wedding palnner, jangan lupa untuk menyiapkan beberapa hal yang bersifat pribadi. Seperti pakaian pengantin dan pakaian seragam bagi keluarga, surat undangan, foto prewedding serta foto dokumentasi resepsi.

6. Semuanya juga harus didukung oleh keluarga dan sahabat yang akan menjadi panitia pernikahan Anda. Untuk itu bentuklah panitia kecil, karena kita tidak bisa menjalaninya sendiri. Dukungan mereka sangatlah dibutuhkan, oleh karena itu aturlah pembagian kerja mereka dan adakan rapat kecil seminggu sebelum acara dimulai agar mengetahui kesiapan masing-masing untuk menjalankan tugasnya nanti pada saat acara resepsi dimulai.

Semua itu harus dilakukan jauh hari sebelum acara dimulai untuk lebih mematangkan persiapan sehingga menghindari kesalahan kecil yang mungkin timbul.

Pernikahan Berjalan Lancar, Berikut Perencanaannya | KainSutera.com | 4.5