Loading...

5 Pekerjaan Ringan Penambah Penghasilan

By KainSutera.com Categories: Karir dan Pekerjaan
5 Pekerjaan Ringan Penambah PenghasilanSetiap orang memiliki potensi berbeda-beda dalam dirinya. Jika anda menilai diri memiliki keahlian dalam sebuah hal tidak ada salahnya anda mencoba mendapatkan keuntungan dari hal itu. Bagi anda seorang mahasiswa tidak ada salahnya anda mendapatkan tambahan penghasilan dari beberapa perkerjaan di bawah ini selain pekerjaannya ringan juga sangat menguntungkan.

Penulis
Pekerjaan menulis bisa dilakukan secara fleksibel tanpa mengenal batasan tempat dan waktu. Anda bisa menyumbangkan artikel untuk media cetak seperti majalah dan koran, ataupun bagi media yang terbit secara online. Jika sudah cukup berpengalaman dan memiliki jejaring yang luas, Anda bisa pula mengembangkan karier sebagai copywriter bagi industri periklanan.

Cara memulai: Cicipi dulu dunia tulis-menulis dengan mengirim artikel perjalanan wisata yang dilengkapi foto-foto. Kolom “traveling” biasanya dimiliki oleh setiap media dan selalu terbuka untuk diisi oleh penulis dari luar. Jika jam terbang sudah cukup banyak, Anda bisa sedikit demi sedikit menawarkan diri untuk menulis tentang tema lain sesuai bidang keahlian masing-masing. Anda juga bisa memposting tulisan-tulisan Anda di blog.

Honor: Untuk satu artikel penulisan berkisar Rp 250.000-Rp 600.000, dan tergantung dari banyak dan tingkat kesulitan tulisan. Untuk tulisan traveling beserta dokumentasi fotonya, dihargai sekitar Rp 400.000 hingga Rp 1.500.00 (tergantung banyak dan lokasi daerah yang Anda kunjungi).

Fotografer atau videografer
Hobi mengabadikan momen dalam bentuk foto dan video juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Terlebih, saat ini sudah ada banyak program untuk mengedit foto yang bisa Anda pelajari untuk membuat tampilan gambar menjadi lebih menarik.

Cara memulai: Upload juga foto-foto Anda di media sosial. Selain Itu, jangan sungkan untuk mengajukan diri pada kerabat  dan teman-teman, untuk membuat dokumentasi acara yang digelar oleh sanak kerabat. Setelah selesai, buatlah portofolio yang berisi hasil jepretan Anda sebagai referensi bagi calon klien selanjutnya. Bukan hanya dalam bentuk foto yang dicetak, tak ada salahnya pula menampilkan portofolio Anda secara online dengan foto yang sudah diberi watermark, agar lebih mudah diakses oleh banyak orang.

Honor: Untuk media cetak, biasanya honor fotografer berkisar Rp 350.000 hingga Rp 2.000.000 per satu proyek, tergantung banyaknya foto, objek yang difoto dan tingkat kesulitan lainnya. Untuk wedding/prewedding, tarifnya minimal Rp 1.000.000. Sedangkan untuk pemotretan event, honornya berkisar Rp 500.000-Rp 1.000.000 per hari.

Make-up artist
Jago dandan? Jangan simpan sendiri keahlian Anda dan mulailah menjadikannya peluang untuk mendapatkan tambahan uang bulanan. Untuk mengembangkan keahlian, Anda bisa mengikuti kursus singkat dan mengambil sertifikasi sebagai seorang makeup artist profesional.

Cara memulai: Sama seperti di atas, pertama-tama ajukan diri untuk mendandani teman-teman di lingkup pergaulan Anda. Lalu, buatlah portofolio untuk membantu menjaring klien yang lebih banyak. Jika teman Anda puas, maka dia akan merekomendasikan jasa Anda kepada orang lain dalam lingkup pergaulannya.

Honor: Make up untuk pemotretan di majalah minimal Rp 300.000. Bonusnya, nama Anda dicantumkan di dalam credit title, lengkap dengan nomor yang bisa dihubungi. Cara ini efektif untuk menjaring klien. Sedangkan untuk rias pengantin minimal Anda dibayar Rp 500.000 untuk satu kali make up.

Dubber
Anda merasa memiliki suara berkarakter? Yang dimaksud suara berkarakter adalah tipe suara yang terasa “hidup” dan bisa membantu orang membayangkan sosok fisik maupun kepribadian sang pemilik suara. Profesi dubber banyak dibutuhkan dalam industri perfilman—baik untuk film berbahasa asing maupun film kartun,  juga dalam industri periklanan. Dubber juga dibutuhkan untuk industri pertelevisian.

Cara memulai: Anda bisa membuat sampel berisi rekaman suara di dalam bentuk CD dan melayangkannya ke alamat rumah-rumah produksi dan stasiun televisi. Bila suara Anda dianggap cocok, mereka akan memanggil Anda.

Honor: Setiap rumah produksi memiliki standar berbeda-beda. Namun, kisarannya Rp 50.000 hingga Rp 500.000 setiap film. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan per bulan, atau per episode. Honor per episode berkisar Rp 100.000-Rp 200.000.  Sedangkan bila pilihannya per bulan, Anda bisa mendapatkan Rp 2.000.000-Rp 3.000.000, dengan jam kerja hanya 2-3 jam setiap hari.

Admin web atau media sosial
Di zaman online seperti sekarang ini, giat beraktivitas di berbagai media sosial seperti twitter dan facebook juga bisa menghasilkan uang! Sebagai bagian dari srategi promosi, banyak brand membutuhkan tenaga admin untuk mengelola situs web ataupun media sosial. Untuk admin twitter, biasanya honor dihitung dari banyaknya tweet yang di-posting dalam sehari.

Cara memulai: Buatlah akun twitter atas nama Anda atau dengan nama alias. Jika akun twitter tersebut cukup menarik dan memiliki banyak follower, Anda bisa menjadikannya sebagai bekal untuk melamar posisi admin web di perusahaan yang sedang membuka lowongan.

Honor: Sangat bervariasi, mulai dari Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000 per bulan.

5 Pekerjaan Ringan Penambah Penghasilan | KainSutera.com | 4.5