Loading...

Sayangi Dulu Apa yang Anda Miliki Sekarang

By KainSutera.com Categories: Cinta dan Asmara, Keluarga
Anda tidak akan bisa menghargai apa yang bakal Anda miliki bila Anda belum bisa menghargai apa yang sudah Anda punyai saat ini. Banyak dari kita kerap terjebak dan terpesona pada ‘fokus yang salah’. Kita kerapkali lebih menghargai dan menaruh perhatian pada apa yang belum dimiliki, yang kita dambakan, ketimbang pada apa yang sudah ada di tangan kita.

Sebut saja misalnya, seseorang yang sedang jatuh cinta. Ia terkadang bisa sampai lupa diri, sehingga melupakan keluarga dan teman-temannya. Seluruh perhatian dan pengorbanan seolah tertuju hanya untuk si dia seorang. Semua orang seolah jadi tidak sepenting doi. Bahkan tak jarang keluarga sendiri dilupakan, ditinggalkan, atau dibenci hanya gara-gara doi.

Padahal kenyataannya, kita baru bisa menyayangi doi dengan benar jika kita lebih dulu berhasil menyayangi dan menerima keluarga atau orang-orang terdekat yang ada saat ini. Jika kita gagal menyayangi dan menerima orang-orang yang telah menjadi bagian hidup kita sekarang, maka kita juga akan gagal mengasihi orang-orang yang akan menjadi bagian dari hidup kita di masa depan nanti.

Mengapa bisa begitu? Karena di sepanjang jalan kehidupan kita, ‘orang-orang yang sulit untuk dikasihi’ itu akan selalu ada. Akan selalu ada pro dan kontra. Kita hanya bermimpi jika kita berharap agar kita cuma dipertemukan dengan orang yang asyik-asyik saja. Sebenarnya, justru untuk orang-orang ‘sulit’ atau tak asyik inilah kita harus bersyukur, karena dengan adanya mereka, kita jadi terhalang untuk sombong dan bersikap seenaknya.

Lalu sekarang pertanyaannya, mengapa terkadang kita lebih bisa mengasihi ‘orang luar’ dibanding ‘orang dalam’ alias keluarga sendiri? Mengapa kita jadi terseret untuk lebih menghargai doi daripada keluarga atau teman sendiri? Sebabnya hanya satu, yaitu karena kita belum benar-benar mengenal karakter doi dan ‘orang luar’ itu seperti apa.

Hidup lama bersama keluarga dan teman-teman membuat kita kenal seperti apa karakter mereka yang sesungguhnya. Dan, kadang dalam pengenalan itu, kita kerap mengalami benturan dan gesekan dengan mereka, sehingga timbul yang namanya konflik. Konflik tak terselesaikan itulah yang kemudian mencemari hubungan kita dengan mereka.

Sayangi Dulu Apa yang Anda Miliki Sekarang | KainSutera.com | 4.5