Seputar Kutil Kelamin PMS yang Sangat Berbahaya

By KainSutera.com Categories: Penyakit Menular Seksual
Seputar Kutil Kelamin PMS yang Sangat BerbahayaPenyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dari banyaknya penyakit menular seksual (PMS) Penyakit ini disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Kutil lembut, lembab, merah muda, atau benjolan daging berwarna. Biasanya terdapat banyak benjolan disekitar alat kelamin. Pada wanita, kutil biasanya terjadi di atau sekitar vagina, leher rahim atau sekitar anus. Pada pria, kutil kelamin dapat dikatakan kurang terjadi namun pada umumnya mungkin terjadi pada ujung penis.

Tanda dan gejala
Kutil kelamin dapat terjadi secara tunggal, tetapi lebih sering ditemukan dalam kelompok. Mereka dapat ditemukan di mana saja di daerah anal atau genital, dan sering ditemukan pada permukaan luar tubuh, termasuk batang penis, skrotum, labia majora vagina, atau sekitar anus. Mereka juga dapat terjadi pada permukaan internal seperti pembukaan uretra, di dalam vagina, leher rahim, atau anus. Pada laki-laki mereka sering ditemukan pada atau di sekitar kepala penis.

Mereka dapat sekecil 1-5 mm diameter, tetapi juga dapat tumbuh atau menyebar ke massa besar di daerah genital atau anal. Dalam beberapa kasus mereka terlihat seperti batang kecil. Mereka mungkin sulit (“keratinisasi”) atau lembut. Warna mereka bisa bervariasi, dan kadang-kadang mereka dapat berdarah.

Dalam kebanyakan kasus, tidak ada gejala infeksi HPV selain kutil sendiri. Kadang-kadang dapat menyebabkan kutil gatal, kemerahan, atau ketidaknyamanan, terutama ketika mereka terjadi di sekitar anus. Meskipun mereka biasanya tanpa gejala fisik lainnya, wabah kutil kelamin dapat menyebabkan tekanan psikologis, seperti kecemasan, pada beberapa orang.

penyebab
Transmisi
HPV ini paling sering ditularkan melalui hubungan seks penetratif. Sementara HPV juga dapat ditularkan melalui aktivitas seksual non-penetratif, itu kurang menular dibandingkan melalui seks penetratif. Ada bukti yang bertentangan tentang pengaruh kondom pada transmisi HPV berisiko rendah. Beberapa penelitian memberi kesan bahwa mereka efektif dalam mengurangi transmisi. Studi lain menunjukkan bahwa kondom tidak efektif untuk mencegah penularan varian HPV berisiko rendah yang menyebabkan kutil kelamin. Pengaruh kondom pada transmisi HPV juga mungkin tergantung gender; ada beberapa bukti bahwa kondom lebih efektif dalam mencegah infeksi laki-laki daripada perempuan.

Jenis-jenis HPV yang menyebabkan kutil sangat menular. Sekitar tiga dari empat mitra terpengaruh pasien dengan kutil mengembangkan mereka dalam waktu delapan bulan Penelitian lain dari mitra konkordansi menunjukkan bahwa kehadiran kutil yang terlihat dapat menjadi indikator peningkatan infektivitas.; Harga HPV konkordansi lebih tinggi pada pasangan di mana salah satu pasangan memiliki kutil yang terlihat.

Latency dan kekambuhan
Meskipun 90% dari infeksi HPV dibersihkan oleh tubuh dalam waktu dua tahun dari infeksi, adalah mungkin bagi sel yang terinfeksi untuk menjalani latency (tenang) periode, dengan kejadian pertama atau kambuhnya gejala terjadi bulan atau tahun kemudian.  laten HPV, bahkan tanpa gejala luar, masih menular ke pasangan seksual. Jika seseorang memiliki hubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang terinfeksi, ada kemungkinan 70% bahwa dia juga akan terinfeksi.

Pada individu dengan riwayat infeksi HPV sebelumnya, munculnya kutil baru mungkin baik dari eksposur baru untuk HPV, atau dari kambuhnya infeksi sebelumnya. Sebanyak sepertiga dari penderita kutil akan mengalami kekambuhan.

Pada anak-anak
Kutil dubur atau alat kelamin dapat ditularkan selama kelahiran. Adanya lesi seperti kutil pada alat kelamin dari anak-anak telah disarankan sebagai indikator pelecehan seksual. Namun, kutil kelamin kadang-kadang dapat hasil dari autoinoculated oleh kutil di tempat lain di tubuh, seperti dari tangan.  Hal ini juga telah dilaporkan dari berbagi pakaian renang, pakaian, atau handuk mandi, dan dari menyentuh non-seksual selama perawatan rutin seperti popok. Kutil kelamin pada anak-anak cenderung disebabkan oleh subtipe HPV 6 dan 11 daripada orang dewasa, dan lebih mungkin disebabkan oleh tipe HPV yang menyebabkan kutil di tempat lain pada tubuh (“jenis kulit”). Survei dokter anak yang anak spesialis pelecehan menunjukkan bahwa pada anak-anak muda dari 4 tahun, tidak ada konsensus pada apakah penampilan kutil anal atau genital baru, dengan sendirinya, dapat dianggap sebagai indikator pelecehan seksual.

Diagnosis
Diagnosis kutil kelamin yang paling sering dibuat secara visual, tetapi mungkin memerlukan konfirmasi dengan biopsi dalam beberapa kasus. Kutil kecil terkadang bingung dengan moluskum kontagiosum. Genital warts, histopatologi, karakteristik naik di atas permukaan kulit akibat pembesaran papila dermal, memiliki parakeratosis dan perubahan nuklir karakteristik khas infeksi HPV (pembesaran nuklir dengan kliring perinuklear). Tes DNA tersedia untuk diagnosis infeksi HPV risiko tinggi. Karena kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe risiko rendah, tes DNA tidak dapat digunakan untuk diagnosis genital warts atau infeksi HPV berisiko rendah lainnya.

Beberapa praktisi menggunakan larutan asam asetat untuk mengidentifikasi kutil kecil (“lesi subklinis”), tetapi praktik ini kontroversial. Karena diagnosis dibuat dengan asam asetat tidak akan bermakna mempengaruhi perjalanan penyakit, dan tidak dapat diverifikasi oleh lebih tes khusus, UK pedoman 2007 menyarankan terhadap penggunaannya.

Pengobatan
Kunci untuk pengobatan kutil kelamin secara efektif yaitu dengan melakukan menggapusan segera virus yang menyebabkan kutil kelamin. Ada cara lain yang paling utama yang dapat menghilangkan kutil kelamin adalah dapat memilih untuk pergi ke rumah sakit atau dokter kelamin yang bisa dengan cepat menghilangkannya atau bisa menghilangkannya di rumah sendiri sebagai pivasi Anda.

Prosedur Medis
Jika Anda lebih memilih ke dokter kelamin sebagai prosedur medis, metode paling umum yang digunakan dari penghapusan kutil kelamin disebut cryotherapy. Prosedur ini adalah dimana nitrogen cair digunakan untuk membekukan kutil. Akan tetapi, jika metode cryotherapy kutil juga tidak dapat dihilangkan atau kutil datang kembali, maka dokter mungkin menggunakan laser atau arus listrik untuk menghapusnya. Kedua metode ini membutuhkan beberapa jenis anestesi lokal yang dapat menyebabkan jaringan parut.

Cara mengobati kutil kelamin di rumah
Sebelum Anda membuat janji dengan dokter, Anda juga dapat mencoba menghilangkan kutil kelamin di rumah Anda. Penghapusan kutil di rumah menawaran lebih banyak privasi dan lebih murah dibandingkan dengan mengunjungi ke dokter. Ada beberapa produk dalam penghapusan kutil yang tersedia, tetapi Anda juga harus berkonsultasi ke dokter untuk memberikan resep.

Jika Anda memiliki kutil kelamin, Anda harus mempertimbangkan sisi positif dan negatif yang terkait dengan setiap pilihan pengobatan. Apapun metode pengobatan yang Anda coba, ingat bahwa keputusan yang paling penting yang Anda buat adalah mengambil tindakan segera.

Jika Anda sedang mengalami atau berurusan dengan kutil yang ada dikelamin sebaiknya cara mengobati kutil kelamin Anda jangan dilakukan dengan sendirinya. Cara yang paling terbaik untuk pengobatan kutil kelamin adalah pergi ke bagian layanan medis atau dokter spesialis kutil dan kelamin serta melakukan konsultasi dengan dokter Anda.

Seputar Kutil Kelamin PMS yang Sangat Berbahaya | KainSutera.com | 4.5