Jabat Tangan Mampu Menguak Pribadi Seseorang

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup, Karir dan Pekerjaan
Apakah cara Anda berjabat tangan turut dinilai oleh orang lain, terutama saat Anda sedang berhadapan dengan pencari kerja/ bos baru? Bagaimana Anda berjabat tangan memberikan kesan kuat tentang bagaimana pribadi Anda, dan banyak orang bisa membaca Anda melalui genggaman tangan yang diberikan, apakah Anda percaya diri, minder, atau bahkan genit.

Bila genggaman yang diberikan saat bersalaman begitu lemah dan tak yakin, maka bisa jadi itu karena Anda merasa sungkan/ minder pada orang yang Anda jumpai. Untuk jabatan tangan genit adalah saat jari telunjuk ditorehkan ke telapak tangan lawan bicara. Jelas hal itu bisa membuat lawan bicara Anda menjadi tak nyaman karena itu mencerminkan pribadi yang agresif dan negatif. Beberapa orang bahkan merasa dilecehkan dengan genggaman macam ini.

Jabat tangan yang terlalu kuat juga bisa membuat orang lain merasa bahwa Anda pribadi yang terlalu keras, dominasi, bahkan diktator. Jabat tangan yang buru-buru ( lekas ditarik) mencerminkan Anda takut bakteri, minder, atau kurang menghargai (/suka) pada orang itu. Ada baiknya sebelum menghadiri interview, Anda melatih diri lebih dulu untuk memberi jabat tangan yang memberi kesan percaya diri. Caranya ulurkan tangan dan jabat dengan mantap (bukan keras).

Jika Anda sudah terlatih, maka kini saatnya untuk memastikan bahwa saat Anda berjabat tangan dengan interviewer, tangan dalam keadaan bersih dan kering, bila perlu oleskan lotion. Pastikan kuku juga dalam keadaan bersih, jangan ada cincin yang bisa menyakiti jari/ tangan pewawancara. Siapkan nafas mulut dalam keadaan segar, gigi bersih bebas sisa makanan, dan mulut tidak mengunyah apapun, sehingga tidak timbul kesan negatif dan yang meremehkan lawan bicara Anda.

Jabat tangan sebelum dan usai interview sangat penting untuk dilakukan. Jangan berjabat tangan sambil duduk. Bila sang interviewer yang duduk, maka bungkukkan badan sedikit, sebagai tanda bahwa Anda menghormatinya. Jabat tangan Anda menentukan sukses-tidaknya Anda dalam meraih posisi yang diidamkan. Anda mungkin pintar, namun bila tidak memberikan jabat tangan yang berkualitas, maka Anda bisa didepak karena hal itu. Jabat tangan juga menentukan sukses-tidaknya Anda dalam pergaulan di kantor,

Jabat Tangan Mampu Menguak Pribadi Seseorang | KainSutera.com | 4.5