Loading...

Tips Membangkitkan Rasa PD (Percaya Diri) Dalam Bekerja

By KainSutera.com Categories: Karir dan Pekerjaan
Tips Membangkitkan Rasa PD (Percaya Diri) Dalam BekerjaTerkadang banyak orang yang merasa kurang percaya diri atau tidak PD jika berada dalam lingkungan baru apalgi dalam dunia kerja. Rasa canggung, sampai akhirnya memilih untuk tidak terlalu banyak terlibat dengan segala aktivitas yang terjadi di sekelilingnya. Jika Anda salah satu orang yang kurang percaya diri pada saat berada dilingkungan baru, berikut mengenai tips membangkitkan rasa PD (Percaya Diri) dalam dunia kerja.

1. Berbicara apa adanya
Mari kita simak kata dari seorang tokoh kartun Dilbert yaitu Scott Adamns beliau berkata : “Jangan berbicara omong kosong karena akan menurunkan pamor Anda dalam ruangan tersebut. Sebaliknya, katakanlah sesuatu yang positif sesering mungkin. Hal tersebut dapat memotivasi suasana hati setiap orang di sekeliling Anda. Lalu, jika Anda berbicara menggunakan nada positif, maka hal tersebut pun akan menular pada orang lain,”

2. Belajar dari idola
Seorang penulis dan motivator, Scott Ginsberg, menyarankan untuk menuliskan 10 nama idola Anda. Kemudian, jabarkan tiga sifat mereka yang menurut Anda menarik. Sebab, melakukan hal yang demikian dapat secara tidak langsung mengarahkan pikiran dan perilaku lebih baik, setidaknya serupa dengan idola Anda.

3. Jawab pertanyaan soal diri sendiri
Chip Heath, profesor dari Stanford Graduate School of Business menyarankan untuk fokus pada tiga alur, ketika menceritakan kehidupan Anda. Pertama, alur tantangan (bagaimana Anda mengatasi tantangan dalam hidup). Selanjutnya, alur kreativitas (mengapa Anda memutuskan untuk tidak mengikuti jalan konvensional). Lalu, ke tiga, plot koneksi (Anda melakukan sesuatu yang mirip dengan orang yang bertanya)

4. Bertanya lalu dengarkan
Bukalah komunikasi dengan pertanyaan seputar hobi, keluarga atau, rencana perjalanan seseorang yang dekat dari Anda.  Jika Anda menguasai salah satu topik tersebut, maka pembicaraan akan dengan mudah mengalir. Namun jika tidak, tetaplah lanjutkan untuk bertanya dan dengarkan dengan saksama sampai Anda memahami inti percakapan. Dan hargailah lawan bicara Anda.

5. Banyak membaca
Buku adalah jendela dunia. Tidak hanya sekedar buku, sebenarnya jika Anda banyak membaca, Anda dapat mengetahui isu yang sedang menjadi tren, maka pembicaraan menjadi lebih mudah mengalir.

Tips Membangkitkan Rasa PD (Percaya Diri) Dalam Bekerja | KainSutera.com | 4.5