Hal-Hal Dasar yang Diperhatikan Sebelum Melangsungkan Pernikahan


Hal-Hal Dasar yang Diperhatikan Sebelum Melangsungkan PernikahanMelangsungkan sebuah acara tentunya akan disibukkan dengan berbagai kegiatan begitu juga dengan acara pernikahan biasanya yang melangsungkan acara akan sibuk dengan mengurus undangan pernikahan hingga mencari souvenir pernikahan. Tetapi ketika berbicara mengenai hal-hal dasar yang sangat perlu dipersiapkan saat berencana memasuki sebuah jenjang pernikahan, maka Anda harus mempersiapkan batin maupun mental memasuki sebuah dunia baru yang akan menganugerahkan Anda banyak status beserta tanggung jawabnya.

 

Makna atau arti menikah adalah menyatukan dua jiwa yang berbeda latar belakang, watak, pandangan, kebiasaan maupun sifat, selain menyatukan dua jiwa tersebut sekaligus menyandingkan dua keluarga besar yang tentunya mempunyai perbedaan besar pula. Untuk siap menikah, Anda membutuhkan kedewasaan dan pemahaman yang sungguh-sungguh akan sebuah tanggung jawab dunia akhirat, karena menikah menganugerahkan Anda status sebagai istri, ayah, ibu, orang tua sekaligus menantu maupun ipar, dan semua status tersebut memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang berbeda.

READ:  Pasangan LDR Ingin Menikah Berikut Persiapannya

Menikah mengikat semua perbedaan tersebut ke dalamnya dan berusaha menjadikan wadah pemersatu perbedaan-perbedaan tersebut. Karena begitu kompleksitasnya sebuah pernikahan, maka segala suatunya diatur dalam hukum menikah. Dalam hukum tersebut secara agama maupun hukum negara mengatur hak dan kewajiban pelaku pernikahan sehingga keduanya memiliki rasa tanggung jawab dalam menjalani kewajiban maupun hak secara adil dan bijak.

Demikian, hal-hal dasar yang perlu dipersiapkan saat menikah. Kesiapan batin maupun mental berupa sikap dewasa yang memiliki tanggung jawab secara agamis maupun hukum perdata akan membuat Anda menjadi petarung tanggung dalam menghadapi rintangan dan tantangan pernikahan yang tidak pernah surut menerpa Anda setelah pernikahan berlangsung. Hanya petarung-petarung hebat yang memahami betul arti menikah yang bisa terus mempertahankan mahligai rumah tangga hingga akhir hayatnya. Dan semoga Anda termasuk ke dalam golongan tersebut. Amin.

READ:  Keuntungan Pria yang Diperoleh Dalam Perkawinan