Loading...

Aktivitas Menghibur yang Dilakukan Ketika Bersama Cucu

By KainSutera.com Categories: Keluarga
Aktivitas Menghibur yang Dilakukan Ketika Bersama CucuKAINSUTERA.COM – Menjadi kesenangan tersiendiri bagi seorang kakek maupun nenek jika memiliki cucu. Mungkin sekarang Anda belum menjadi kakek atau sekarang Anda sudah mendapatkan cucu dari dari anak-anak Anda. Menjadi kakek nenek adalah pekerjaan yang paling diinginkan di dunia, namun tidak selalu mudah. Terkadang susah membuat senang anak-anak masa kini dan sulit menjadwalkan waktu di antara kursus, kegiatan olah raga dan lainnya.

Namun biasanya mereka sang cucu senang melewatkan waktu khusus bersama kakek nenek karena mereka akan mendapat perhatian sepenuhnya, sesuatu yang jarang mereka dapat dari orangtua mereka. Situasi ini menguntungkan bagi kakek dan nenek, orangtua dan cucu-cucu juga. Satu hal yang harus diingat yaitu jagalah agar sederhana dan penuh kegembiraan. Ini bukan saat untuk menuntut kesempurnaan. Biarkan mereka bersikap seperti layaknya anak-anak. Jika ada beberapa cucu, lakukan kegiatan bersama di samping kegiatan perorangan. Beri masing-masing waktu khusus bersama kakek dan nenek.

Di bawah ini ada beberapa gagasan mudah yang menyenangkan serta memberi waktu untuk bercakap-cakap dan mengenal satu sama lain. Selain itu kebanyakan gagasan ini tidak menuntut uang.

1. Memasak. Tanya apa makanan kesukaan si cucu dan buatlah bersama-sama. Mereka belajar ketrampilan yang berharga, kita menikmati waktu yang menyenangkan dan tentu saja ada makanan lezat buat semua.

2. Membetulkan sepeda. Kalau si cucu mempunyai sepeda, mungkin kondisinya agak kurang beres. Membetulkannya bersama akan menciptakan kegiatan yang menyenangkan. Sesudah itu kita dapat naik sepeda bersama mengelilingi blok.

3. Bermain bersama. Permainan seperti Monopoli, Ular Tangga dan yang sejenisnya memberi kesempatan untuk bercakap-cakap. Tunjukkan kepada cucu-cucu bahwa PlayStation bukan satu-satunya permainan yang menarik.

4. Tiup gelembung. Permainan yang satu ini mudah dan selalu mengundang senyum.

5. Buatlah rumah boneka dari kardus yang tipis seperti kotak sepatu.

6. Buatlah keramik dari tanah liat.

7. Mulailah mengumpulkan sesuatu. Tanya si anak apa minatnya. Bantulah dia memperbanyak koleksinya. Ceritakan apa yang kita koleksi waktu masih kecil.

8. Teka-teki. Ada teka-teki menyusun potongan gambar untuk setiap tingkat umur tertentu.

9. Untuk anak perempuan, nenek bisa mengecat kukunya atau memperindah rambutnya.

10. Anak-anak yang lebih besar mungkin menyukai fotografi. Pelajari bersama bagaimana menggunakan kamera dan mengatur hasilnya. Kakek nenek juga dapat belajar dari cucunya cara memakai kamera di ponsel dan mengunduh foto dari kamera ke komputer.

11. Jika ada pramuka dalam keluarga mungkin kakek nenek dapat membantu mengerjakan proyek.

12. Kunjungi kantor pemadam kebakaran. Mungkin perlu membuat janji lewat telpon dulu, tapi kebanyakan tempat itu akan menerima kita dengan senang hati.

13. Belajar origami bersama. Orang Jepang pandai melipat-lipat kertas menjadi seperti hewan, kesenian ini disebut origami, menarik untuk dipelajari bersama.

14. Buatlah koran keluarga dengan menggunakan komputer, anak-anak dapat mengambil foto. Mereka suka mengerjakan segala yang ada kaitannya dengan komputer.

15. Buatlah kotak waktu. Kumpulkan catatan dan foto anak-anak, masukkan ke toples kaca atau kotak kayu dan kuburkan di halaman untuk diambil lagi lima atau sepuluh tahun yang akan datang.

Ada lebih banyak lagi gagasan tapi yang penting diingat ciptakanlah saat-saat menyenangkan dan pusatkan perhatian kepada si anak. Biarkan mereka tahu bahwa ini adalah saat-saat untuk mereka dan bila mereka punya usul sendiri, ikutilah. Apa yang dilakukan tidaklah penting, yang penting adalah menikmati kebersamaan, menjalin hubungan yang akan kita kenang selamanya.

Aktivitas Menghibur yang Dilakukan Ketika Bersama Cucu | KainSutera.com | 4.5