Loading...

Mengungkap Sejarah dan Asal Usul Mengenai Batu Permata

By KainSutera.com Categories: Pendidikan
Mengungkap Sejarah dan Asal Usul Mengenai Batu PermataAkhir-akhir ini banyak diberitakan seputar batu mulia yang menurut kebanyakan orang batu yang memiliki nilai atau harga yang luar biasa mahalnya. Baru-baru ini 23 – 26 Oktober 2014 Singapore Jewellery dan Gem Fair mengadakan pameran perhiasan terbesar, acara yang berlangsung selama empat hari ini diramaikan dengan partisipasi dari produsen dan pedagang perhiasan internasional yang menampilkan perhiasan dengan kualitas dan desain terbaik dari seluruh penjuru dunia.

Jika kita ingin mengkaji dan mencari tahu sebetulnya batu mulia bagiamana sejarah dan asal usulnya. Sebetulnya batu mulia telah dikenal sejak zaman kuno. Manusia purba menghargai keindahan di alam, seperti buah-buahan berwarna, kerang yang menarik, kerikil berwarna cerah, dll, dan digunakan oleh mereka untuk perhiasan pribadi. Negara-negara di belahan timur adalah yang pertama untuk menggunakan batu mulia atau permata, diperkirakan sekitar 100000-75.000 SM.

Ada banyak keadaan yang menunjuk ke India sebagai tempat kelahiran mereka. diSebutkan india itu terbuat dari permata dan perhiasan dalam tulisan-tulisan Hindu yang paling awal. Veda memiliki referensi ke tempat-tempat yang diterangi oleh rubi dan berlian. Batu mulia memainkan bagian yang sangat menonjol dalam mitologi Hindu, dalam tradisi, puisi dan legendanya.

Dalam dua epos besar mereka, Ramayana dan Mahabharata, raja dan rakyat dikatakan telah menghiasi diri dengan batu dan mutiara. Bangsa phoenician membawa batu mulia dan permata ke Mesir dan Yunani dari Timur tersebut.

India dan Burma adalah rumah bagi banyak batu permata dan telah ada perdagangan antara India dan Eropa pada batu permata. Zamrud dikatakan telah dikenal sejak2000-1800 SM, safir dan ruby 600-500 SM dan berlian sejak 480 SM.

Penambangan batu permata mungkin merupakan bentuk tertua dari pertambangan. Manusia primitif dikatakan telah mengenal 18 jenis permata dan batu hias sebelum mereka tahu jenis-jenis logam. Pada awalnya permata dicari pada kerikil sungai dan sisa-sisa galian, tetapi pada tahun 3400 SM tambang turquois di Semenanjung Sinai dioperasikan. Ini mungkin perusahaan manusia pertama dalam pertambangan batu keras. Tambang lapis lazuli di Afghanistan mungkin sama-sama tua. Tambang zamrud Mesir di pantai laut merah yang dioperasikan sekitar tahun 1925 SM.

Penggalian berlian dari India dan tambang safir-ruby srilangka beroperasi sekitar tahun 800-600 SM. Brasil menjadi terkenal dalam pertambangan berlian pada tahun 1725 yang pada gilirannya digantikan oleh Afrika Selatan pada tahun 1870.pusat-pusat perdagangan dunia dalam hal permata sebagaimana yang diketahui oleh orang-orang eropa yakni Babilonia, Alexandria, Roma, Venesia dan Amsterdam, dan sekarang London, Paris, Antwerp, Amsterdam dan New York. Akan tetapi Perang Dunia II telah menyebabkan gangguan meluas di Eropa.

Batu mulia merupakan salah satu komoditas yang paling berharga dan kompak, yang memiliki tren kenaikan nilai dalam jangka waktu yang lama. Kekayaan besar dapat terkonsentrasi dalam paket kecil sebuah batu. Sejak masyarakat menikmati pasar internasional, batu mulia menjabat sebagai bentuk investasi selama berabad-abad. Hal ini telah diibaratkan sebagai pertumbuhan kekayaan keluarga dari beberapa pemeluk Hindu. Kecenderungan yang sama juga berlaku di Barat di mana kekayaan mudah disembunyikan atau mudah diangkut dalam hal terjadi gangguan ketenangan politik. Selama perang baru-baru ini telah terjadi kecenderungan besar untuk berinvestasi pada batu mulia, dan perdagangan permata memiliki saat gemilang. Batu mulia juga telah menyebabkan eksplorasi dan perjalanan dari pedagang permata serta membentuk sumber informasi yang bermanfaat mengenai Timur ke Eropa di abad pertengahan.

Batu mulia dianggap sebagai ‘ bunga dari Kerajaan Mineral’. Mereka adalah mineral dengan beberapa pengecualian seperti mutiara, karang dan gading yang merupakan produk hewani, amber dan jet dari bahan nabati. material permata atau batu mulia merupakan mineral yang dibedakan dengan tingkat kekerasan mereka, yang memungkinkan mereka untuk dipakai sebagai perhiasan pribadi tanpa kerusakan, dan dengan warna dan kilau yang membuat mereka menarik. Kualitas ini mungkin bisa didapat di beberapa mineral, beberapa di antaranya tidak bisa disebut ‘ berharga’, namun dapat disebut ‘ semi mulia’ . Batu mulia adalah mereka yang benar-benar langka dan sulit untuk mendapatkan.

Ini hanya definisi sederhana. Ruby dan zamrud sekarang langka dan sulit diperoleh dan karenanya dianggap sebagai batu mulia peringkat pertama. Tetapi jika ada persediaan besar dan jika amethyst yang menjadi langka, maka amethyst yang akan menjadi berharga sehingga menyebabkan pertukaran pangkat. Sekali lagi argumen ini ditentang oleh berlian. Persediaan besar dari berlian telah ditemukan dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi pasar dikendalikan oleh kombinasi yang kuat, saham besar yang ada di cadangan, dan peringkat sebagai batu mulia dengan harga tinggi tetap bertahan, tentu saja oleh sifat intrinsik.

Mengungkap Sejarah dan Asal Usul Mengenai Batu Permata | KainSutera.com | 4.5