Loading...

Nilai Plus Minus Jika Pertemanan di Dunia Online

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup
Nilai Plus Minus Jika Pertemanan di Dunia OnlineKAINSUTERA.COM – Bergaul didunia nyata bukanlah satu-satunya cara satu-satu kita mendapatkan teman. Dengan berkembangnya dunia teknologi kita dapat mendapatkan teman dari jejaring sosial yang lagi tren sekarang ini entah itu lewat twitter, facebook, wechat, game online dan lain sebagainya. Biasanya pertemanan online dilakukan karena sama-sama mencari atau menyenagi sesuatu. Misalnya, banyak orang yang mendapatkan banyak pertemanan online karena mereka sama-sama menyukai seorang artis korea atau menyukai salah satu artis boy band. Apa saja sih keuntungan dan kerugian dari pertemanan online ini? Ini dia ulasannya:

Dengan memiliki banyak teman via online, kamu bisa mempunyai teman dimana saja dan dengan karakter yang berbeda-beda. Orang Islam memiliki dalil yang intinya silaturahmi itu memperlebar pintu rizki dan memperpanjang umur. Artinya, kesempatan mendapatkan rizki kita tidak terbatas dan orang-orang bisa tetap mengenal kita meskipun kita telah meninggal nantinya. Termasuk dengan melalui pertemanan online. Tidak percaya?

Contohnya saja ya, misalnya kamu punya banyak teman online karena kamu saama-sama menyukai salah satu grup boy band Korea. Kemudian, saat kamu ingin berlibur ke Thailand, kamu bisa minta tolong padanya untuk menjadi guide kamu dan juga siapa tahu dia juga bisa menawarkan tempat tinggalnya untuk kamu. Tidak hanya itu, dengan berhubungan baik pada banyak orang lewat online ini siapa tahu nanti kamu akan membutuhkan pertolongan mereka atau mereka juga membutuhkan pertolongan yang lainnya.

Namun, tidak setiap pertemanan online berdampak baik. Banyak kasus pelecehan, pornografi, kekerasan verbal dan lain sebagainya lewat pertemanan online. Oleh karena itu, berhati-hatilah pada saat kamu membangun hubungan pertemanan via online. Pastikan kamu dan teman kamu tersebut memiliki sesuatu yang sama-sama kalian sukai seperti sama-sama suka travelling, seni, film, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, kalian memiliki motif yang kurang lebih sama. Biasanya, orang-orang yang memiliki motif yang jelas di dunia sosial online tidak akan melakukan kasus-kasus tersebut.

Selain itu, banyak orang-orang di media online yang tidak memberikan data diri yang asli. Tidak sedikit misalnya seorang perempuan yang justru membuat akun laki-laki. Dan masih banyak lagi penipuan-penipuan menggunakan media online. Oleh karena itu, jika kamu berniat berhubngan lebih dekat dengan seseorang yang kamu kenal via online, pastikan kamu tahu betul seperti apa dan bagaimana dia yang sebenarnya. Dan untuk diri kamu sendiri, sadilah diri kamu apa adanya meskipun kamu berhubungan teman via online. Kamu tidak mau ditipu orang, bukan? Makanya usahakan kamu juga tidak melakukan hal-hal negatif tersebut.

Masih banyak keuntungan dan kerugian yang bisa kamu dapatkan dari menjalin pertemanan online. Keuntungannya bisa kamu dapatkan saat kamu membutuhkannya. Namun jika kamu tidak bijak memilih, kamu bisa menjadi korban pertemanan online. Jadi, tetap waspada, ya!

Nilai Plus Minus Jika Pertemanan di Dunia Online | KainSutera.com | 4.5