Trik Membuat Pelanggan Mendengarkan Anda di Pasar Kompetitif


Trik Membuat Pelanggan Mendengarkan Anda di Pasar KompetitifKAINSUTERA.COM – Ketika Anda melakukan sebuah bisnis tentu setiap pelanggang Anda akan menghubungi Anda melalui telepon, email, atau website Anda. Namun sungguh berbeda saat Anda melaukan bisnis dalam pasar yang kompetitif, lalu bagiamana cara atau trik Anda dalam membedakan diri Anda dengan yang lain?

 

Seorang Director Group Creative Tom Haley di Jellyvision Lab yang berbasis di Chicago, memberikan trik yang dia gunakan agar sebuah bisnis dapat memberikan edukasi dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan mereka. Berikut ini lima trik dari Haley yang sempat dibagikan oleh kainsutera.com kali ini:

Hilangkan hal yang tidak penting
Sangat penting untuk membuat setiap kalimat menjadi jelas dan efisien, kata Haley. “Jika Anda dapat membuat sebuah kata, kalimat, atau paragraf yang dapat membuat seseorang memahami sesuatu, maka lakukanlah”, kata Haley. Sebagai contoh, jika Anda menjual mesin pemotong rumput dan Anda mencoba untuk menjelaskan mengapa mesin pemotong rumput Anda lebih baik daripada yang lainnya, maka jangan pernah menceritakan tentang sejarah perusahaan Anda. Ceritakan hanya pada hal-hal yang berhubungan dengan kelebihan produk Anda.

READ:  Rejeki Lebih Bisa Lebih Bahagia

“Jangan berasumsi bahwa audiens tertarik dengan pesan yang Anda sampaikan”, kata Haley. Pemilik bisnis seringkali terobsesi pada bisnis mereka, namun melupakan bahwa bisnis yang mereka jalankan adalah untuk pelanggan, interaksi mereka dengan Anda hanya merupakan sebagian kecil dari hari mereka. Yang mereka butuhkan adalah solusi, bukan sejarah dari produk yang Anda jual, kata Haley.

Jelaskan suatu hal sebelum Anda menyebutnya
Jika Anda bekerja di bidang yang memiliki sebuah terminologi atau jargon, pastikan untuk menjelaskan konsep dan istilah tersebut sebelum menggunakannya terus menerus, karena mungkin orang lain tidak mengetahui istilah atau terminologi yang Anda gunakan itu. Sebagai contoh, jika Anda merupakan pemilik bisnis pembuatan website, ada kemungkinan bahwa pelanggan Anda mendengar istilah nama domain dan hosting server, namun tidak mengetahui apa perbedaan kedua hal tersebut atau apa itu. Dengan menjelaskan bahwa hosting server merupakan tempat dimana kita meletakkan file web yang sudah dibuat, Anda telah memastikan bahwa setiap orang paham apa yang Anda maksudkan.

READ:  Jabat Tangan Mampu Menguak Pribadi Seseorang

Jika memungkinkan, gunakan metafora
Haley mengatakan bahwa menggunakan metafora dapat membantu menjelaskan sebuah konsep yang rumit kepada pelanggan. Sebagai contoh, saya sering menjelaskan kepada klien saya bahwa hosting server seperti sebuah toko, dimana Anda dapat meletakkan produk-produk yang Anda jual. Sedangkan nama domain adalah nama toko Anda.

Buat agar lucu
“Humor merupakan inti dari apa yang kita lakukan”, kata Haley. Jellyvision telah menemukan bahwa orang-orang akan mempelajari banyak hal dan memiliki pengalaman yang lebih baik jika Anda dapat membuat mereka tertawa. “Ini bukan mengenai leluconnya”, kata Haley. “Ini mengenai bagaimana menjadi manusiawi, mudah ditemukan, dan menarik ”. Apapun yang Anda lakukan, ingatlah bahwa Anda sedang berbicara dengan manusia, kata Haley.

READ:  Jangan Gegabah Menghanyutkan Asmara di Kantor

Cerita berdasarkan urutan kronologi
Dalam bercerita, sangat mudah untuk membuat urutan sebuah event menjadi salah, kata Haley. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan konteks dalam kehidupan nyata ketika Anda mencoba untuk menjelaskan suatu hal kepada konsumen. Sebagai contoh, Jellyvision menciptakan pengalaman bicara yang interaktif untuk perusahaan utility untuk mengedukasi pelanggan mereka mengenai bagaimana cara membaca tagihan listrik mereka. Daripada membaca baris item biaya dan mencoba menebak apa yang dimaksudkan mereka, Anda dapat memulainya dengan mengatakan seperti, “Listrik dihasilkan dari sebuah pembangkit listrik dan mengirimkannya ke rumah Anda masing-masing, namun semua proses tersebut membutuhkan biaya seperti yang terlampir pada tagihan Anda sebagai biaya listrik”.