Loading...

Bentuk Pelanggaran yang Sering Dilakukan Siswa di Kelas

By KainSutera.com Categories: Pendidikan
Bentuk Pelanggaran yang Sering Dilakukan Siswa di KelasKAINSUTERA.COM – Banyak yang bilang jika pekerjaan yang paling sulit itu adalah orang yang berprofesi sebagai seorang guru. Mungkin lebih jelasnya artikel yang kami bagikan pada kesempatan ini adalah akan membahas yang seharusnya diperhatikan oleh seorang guru pada siswa-siswanya disekolah. Seorang guru tentunya harus memperhatikan tingkah laku anak didik kita baik secara umum maupun secera individual, dan beberapa pelanggaran tata tertib atau disiplin sekolah yang dilakukan dan ini ada beberapa hal tentang pelanggaran tersebut yang perlu kita ketahui misalnya :

1. Prilaku siswa yang suka balas dendam
Bagi Anda yang mengambil profesi sebagai seorang guru tentunya Anda sudah mengenal sekali semua watak-watak dari siswa-siswa Anda. Biasanya kita melihat didalam kelompok siswa di kelas dimana seorang siswa yang merasa lebih kuat secara pisik, atau berbadan agak besar dari yang lainnya,dan ia selalu menekan,mengancam atau mengintimidasi kawannya yang dianggapnya lemah secara pisik,dan ini membuat ia berlaku seperti seorang pimpinan,akan tetapi dengan tujuan yang negatif tadi.

2. Memperagakan ketidak mampuan
Siswa yang seperti ini biasanya sangat apatis dengan lingkungan atau teman temanya, kalau diberi tugas terkadang ia menolak dan di dalam fikirannya yang penting absen, ia juga masa bodoh dengan kegiatan-kegiatan sekolah lainnya, apabila ada evaluasi siswa seperti ini cenderung menjawab apa adanya (setengah putus asa).

3. Tingkah laku yang over acting
Siswa seperti ini biasanya selalu ingn mencari cari masalah agar ia dperhatikan oleh sesamanya atau Gurunya dan ia sering menjadi biang ribut di kelas, terkadang ia dengan sengaja dengan melawak (melucu), agar kelas menjadi ribut karenanya, bermacam macam tingkah polahnya yang penting ia di perhatikan, untuk menutupi kekurangan yang ada dalam dirinya.

4. Prilaku menguasai orang lain
Siswa seperti ini biasanya, ada yang sifatnya aktif dan pasif, kalau yang aktif misalnya: suka mendebat temannya, atau sering kehilangan kendali /emosional tinggi,terkadang menangis sejadi jadinya, tidak peduli, kalau itu di kelas. Kalau yang pasif misalnya suka melanggar aturan sekolah, padahal sudah ada tata tertib yang telah di sepakati/diketahui, atau sering menyepelekan tugas-tugas dengan alasan lupa dll.

Itulah beberapa bentuk pelanggaran yang sering dilakukan siswa di kelas, yang perlu kita ketahui apalagi bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang guru.

Bentuk Pelanggaran yang Sering Dilakukan Siswa di Kelas | KainSutera.com | 4.5