Loading...

Beri Waktu Untuk Anda Sendiri Dengan Membuat Si Kecil Sibuk

By KainSutera.com Categories: Keluarga, Pendidikan
Balita cenderung menempel pada Ibu atau orang yang dekat dengannya. Tentu saja hal ini menyita banyak waktu Anda. Rasanya tidak tega saat anak memegangi tangan Anda atau bergelayut di kaki ketika Anda akan berangkat kerja. Akhirnya Anda pergi dengan berat hati dan sepanjang hari terus merasa bersalah, ingin segera pulang. Sibuk menemani anak juga sering membuat para wanita tidak sempat lagi untuk merawat dirinya sendiri. Alhasil, setelah memiliki anak penampilan bertambah kacau. Hal yang lebih membahayakan lagi adalah Anda tidak punya kesempatan untuk melewatkan waktu bersama pasangan. Kalau sudah begini,

Apakah Anda harus mengabaikan anak? Tunggu dulu.. ketergantungan anak pada Anda adalah hasil dari cara mendidiknya sejak kecil. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan anak untuk bermain sendiri. Berikut adalah trik-trik untuk membuat si Kecil sibuk, dan Anda pun berkesempatan untuk melakukan kegiatan Anda sendiri.

Memberi contoh kepada anak anda
Anak kecil mudah tertarik dengan apa saja yang ada di sekelilingnya. Dan sesungguhnya, mereka sangat tertarik dengan apa yang dilakukan dan dikatakan oleh orang-orang yang dikaguminya. Siapakah orang itu? Tentu Anda dan pasangan, yaitu orang tuanya. Lakukan kesenangan Anda yang positif di depan anak dan katakan apa yang membuat Anda begitu senang melakukannya seorang diri.

Membuat Area Bermain
Ada beberapa anak yang tidak bisa lepas dari pengawasan Anda. Bukan anak Anda yang tidak mau jauh dari Anda, tapi Anda yang tidak bisa melepaskan mata karena keusilan anak Anda! Buat area bermain lengkap dengan barang-barang yang disukainya.

Mengatur waktu
Saat anak Anda mulai besar dan bisa ditinggalkan seorang diri, Anda bisa memintanya untuk bermain, membaca buku atau menggambar di kamarnya sendiri sampai waktu yang telah Anda tentukan. Sementara dia sibuk, Anda bisa melakukan rutinitas perawatan tubuh, minum teh berdua dengan pasangan dan kegiatan lain. Saat waktu yang ditentukan usai, Anda harus tegas mengalihkan kegiatan anak Anda. Jangan memperpanjang waktu bermain hanya karena Anda menginginkan waktu lebih lama lagi dengan pasangan.

Beri Waktu Untuk Anda Sendiri Dengan Membuat Si Kecil Sibuk | KainSutera.com | 4.5