Loading...

Ketika Anak Anda Terjerumus Narkoba

By KainSutera.com Categories: Keluarga, Pendidikan
Tak seorang pun yang rela bila buah hatinya terjerumus dalam hal-hal buruk seperti dunia narkoba misalnya. Kenyataan macam itu adalah mimpi buruk bagi orang tua manapun juga. Namun, mengabaikan dan menganggap bahwa hal itu takkan mungkin atau tidak benar-benar terjadi juga merupakan kesalahan fatal yang tak seharusnya dilakukan.

Bagaimana sikap bijak para orang tua terhadap anaknya jika anaknya ternyata diduga terjerumus dalam dunia narkoba?

* Tetaplah Kuat
Reaksi wajar dari semua anak biasanya adalah penyangkalan dan seringkali jawaban mereka diwarnai dengan sikap penuh emosi. Namun Anda harus tetap kuat. Tegaskan padanya bahwa Anda memiliki bukti-bukti yang cukup kuat. Dan dengan sikap yang tetap tenang, lanjutkan penjabaran bukti-bukti yang Anda temukan.

* Mengumpulkan Bukti
Sebelum menuntut, menginterograsi, dan menyakiti hati buah hati lewat berbagai tuduhan hanya karena dugaan semata, ada baiknya Anda mengumpulkan bukti-buktinya lebih dulu. Itu yang selalu dilakukan para polisi, dan itu juga yang harus Anda lakukan. Anda bisa mengamati kandungan obat-obatan yang mungkin diakuinya sebagai obat pusing atau obat stamina. Ciri lain adalah adakah kejadian aneh di rumah seperti uang hilang, anak kedapatan men-tato tubuh,

* Saatnya Rapat Keluarga
Setelah semua bukti terkumpul, maka kini Anda baru boleh menanyai buah hati. Jika memungkinkan, suami juga harus hadir dalam ‘rapat’ tersebut. Cegah sikap berlebihan, sebaliknya bicaralah baik-baik dan jelaskan bahwa Anda menduga anak memakai narkoba.

* Didik diri Anda Sendiri
Selain mengejar pengakuan anak, Anda juga harus membekali diri dengan sebanyak mungkin pengetahuan tentang dunia narkoba, apa gejalanya, bagaimana perubahan perilaku si pemakai,

Pertimbangkan tes Darah
Jika anak tetap bersikukuh tidak mengaku, maka bawalah dia untuk tes darah.

Ketika Anak Anda Terjerumus Narkoba | KainSutera.com | 4.5