Loading...

Perbedaan Perkataan Dalam Suatu Keluarga

By KainSutera.com Categories: Gaya Hidup, Keluarga
Anda pasti tahu perbedaan antara perkataan “Aku perlu bantuan untuk membersihkan rumah,” dengan “Kamu jangan malas! Ayo, sekarang bantu aku membersihkan rumah!”  Yang pertama menyiratkan nada minta tolong, sedangkan yang kedua menyuarakan sebuah ajakan perang. Anda bisa mengubah keadaan keluarga menjadi lebih baik lagi dengan mengubah satu kata saja. Inilah saat yang tepat, dan berikut ini beberapa contoh yang bisa menjadi inspirasi dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda ingin agar pasangan mengubah sikapnya

Ketimbang mengatakan,”Maukah kamu berhenti merokok demi aku?!” lebih baik Anda berkata, “Maukah kamu berhenti merokok demi anak-anak?”

Jika Anda ingin mengajukan kritik

Ketimbang mengatakan, “Masakanmu enak, tapi sedikit kebanyakan garam,” lebih baik Anda berkata, “Masakanmu enak sekali meski rasanya sedikit asin.”

Jika Anda ingin mengutarakan sebuah masalah pada pasangan

Ketimbang mengatakan, “Aku diminta datang ke sekolah anak-anak besok,” lebih baik Anda berkata, “Besok pagi kita diminta menghadap ke sekolah anak-anak.”

Jika Anda ingin agar orang lain turut merasakan apa yang Anda rasakan

Ketimbang mengatakan, “Aku tahu bahwa kamu ingin aku membantumu, namun sayangnya pikiranku tidak serumit dirimu,” lebih baik Anda berkata, “Aku tahu bahwa kamu ingin aku membantumu, namun sayangnya pikiranku tidak sehebat dirimu,”

Perbedaan Perkataan Dalam Suatu Keluarga | KainSutera.com | 4.5