Loading...

Strategi Agar Anda dipandang Berpengaruh di Tempat Kerja

By Annas Jakabaring Categories: Karir dan Pekerjaan
Strategi Agar Anda dipandang Berpengaruh di tempat KerjaKAINSUTERA.COM – Jika seseorang ingin dipandang berpengaruh dalam dunia kerja tentu harus memiliki rencana strategi dan komitmen karena pertarungan untuk memperoleh promosi tidaklah mudah. Memiliki strategi dan komitmen yang efektif tentu akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan untuk membantu meningkatkan karir Anda selain karir tentu orang-orang tidak akan memandang Anda sebagai pekerja biasa yang tidak ada pengruhnya sama sekali.

Menjadi orang yang berpengurh dikantor dan pekerjaan, tentunya Anda tidak hanya bergantung pada hasil pekerjaan Anda saja. Hasil pekerjaan Anda mungkin luar biasa dan layak untuk mendapatkan penghargaan, namun jika Anda tidak berani untuk berbicara mengenai hal tersebut, maka Anda tidak akan dipandang berpengaruh sedikit pun.

Jika Anda merasa ingin maju namun tidak tahu harus memulainya dari mana, coba ikuti tiga strategi berikut yang dapat membuat karir Anda maju lebih cepat.

Bicaralah
Berapa banyak meeting yang sudah Anda lakukan dan Anda hanya duduk diam selagi mendengarkan orang lain berbicara tentang beberapa ide, sementara Anda memiliki banyak ide luar biasa namun Anda tidak yakin dengan ide tersebut? Berikan diri Anda kesempatan. Ide yang Anda miliki pantas untuk diutarakan karena semua itu datang dari pengalaman dan pengetahuan Anda sendiri. Jangan biarkan orang lain mengintimidasi Anda. Ingatlah bahwa mereka juga manusia sama seperti Anda dan saya. Cobalah untuk berbicara pada meeting berikutnya.

Ketika Anda mengutarakan ide Anda, bersiaplah untuk mendapatkan kritik, namun jangan biarkan orang lain mengambil kekuatan Anda. Berdirilah dengan tegak dan bertahanlah di posisi tersebut sambil tetap menghormati dan terbuka untuk menerima saran dari orang lain.

Bangun hubungan dengan orang-orang yang berpengaruh
Akan selalu ada orang-orang yang terlihat mudah untuk mendapatkan pengakuan. Orang-orang yang selalu diundang untuk makan siang bersama, pesta, atau perjalanan bisnis. Temukan orang tersebut dan jalinlah hubungan dengan mereka. Undang mereka untuk makan siang atau tawarkan bantuan untuk proyek spesial yang sedang mereka kerjakan. Cari tahu siapa saja orang-orang yang berada di lingkaran mereka dan jalin hubungan juga dengan mereka. Ini bukanlah “menjilat”, melainkan membangun landasan untuk sebuah hubungan yang berharga.

Melihat masalah dan menawarkan solusi untuk menyelesaikannya
Saya yakin Anda pasti dapat menemukan paling tidak satu masalah internal atau eksternal yang membutuhkan sebuah penyesuaian. Ambil inisiatif dan berikan pertanyaan mengenai proses atau masalah tersebut dan kumpulkan data-data yang akan mendukung alasan Anda untuk melakukan penyesuaian tersebut. Sangat penting bagi Anda untuk mengumpulkan informasi tanpa mendapatkan bantuan dari orang lain. Mengapa? Karena Anda harus menunjukkan bahwa ini merupakan ide segar dan unik yang lahir dari pemikiran Anda.

Kadang-kadang kita harus menjaga telur emas untuk diri kita sendiri. Hal ini harus Anda lakukan untuk menjaga diri Anda dari sebuah realitas pahit yaitu: banyak orang yang mungkin berusaha untuk menyingkirkan Anda, oleh karena itu Anda tidak boleh terlalu naif. Pastikan Anda memiliki semua data atau fakta yang berkaitan dengan saran yang Anda berikan ketika Anda sedang mempresentasikan ide Anda kepada top manajemen.

Ketika Anda sedang melakukan presentasi, Anda harus percaya diri dan jangan biarkan agar ide Anda hanya diam saja di ruang meeting, katakan bahwa Anda akan melakukan follow up dan minta kepada mereka agar Anda yang akan memimpin proyek tersebut, tentu saja jika proyek tersebut diterima.

Anda dapat menciptakan kesempatan dimana pun Anda berada. Anda akan menjadi pegawai yang lebih baik dan Anda akan membangun hubungan dalam proses tersebut.

Strategi Agar Anda dipandang Berpengaruh di Tempat Kerja | Annas Jakabaring | 4.5