Loading...

Tips Cerdas Merebus Mie Instan yang Benar dan Menyehatkan

By Annas Jakabaring Categories: Gaya Hidup
Tips Cerdas Merebus Mie Instan yang Benar dan MenyehatkanKAINSUTERA.COM – Banyak orang yang suka dengan makanan siap saji seperti makanan kebanyakan anak kost sekarang yaitu mie instan. Selain cepat dalam pengelolahannya, juga rasanya yang gurih membangkitkan selera makan. Sebenarnya banyak pro dan kontra mengenai dampak dari memakan mie instan bagi kesehatan.

Banyak pendapat menyatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi mie instan akan menyebabkan penyakit yang serius. Sebetulnya mie instan merupakan makanan yang baik dan tidak berbahaya jika pengelolahannya diketahui dengan baik dan benar

1. Pastikan kalau mie sudah matang benar
Terkadang seseorang makan mentah mie instan dengan cara diremukkan lalu diberi bumbu, padahal cara demikian sangat tidak sehat serta tidak dianjurkan. Mie instan yang masih dalam keadaan kering terlebih harus diolah dahulu supaya matang serta mempunyai tekstur yang lebih gampang dicerna tubuh. Jika di konsumsi secara langsung maka hal ini dapat merusak proses pencernaan dalam tubuh.

Olehnya itu pastikanlah bahwa Anda memasak mie sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada pembungkus mie tersebut. Gunakan air sesuai anjuran, perhatikan lama memasak supaya mie matang secara sempurna. Alangkah baiknya jika anda membuang air rebusan pertama dan mengatinya dengan air rebusan yang baru, akan tetapi hal ini belum diteliti kebenarannya, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya.

2.Mengurangi Bumbu
Hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu bagian dari mie instan yang kadang dikhawatirkan yakni bumbunya, MSG dan garam adalah komposisi utama dari bumbu mie instan, hal yang perlu kita ketahui bahwa asuapan garam dan MSG untuk tidak boleh melebihi batasan.

Nah ada baiknya jika Anda hanya memakai setengah saja dari bumbu mei tersebut, ataukah tidak memakainya sama sekali. Saran gantilah bumbu mie isntan dengan ramuan anda sendiri, caranya cukup sederhana cukup dengan menghasulkan, sedikit gamam, merica dan ditambah dengan larutan kecap atau saus alami lainya. Walaupun rasanya tidaklah seenak dari bumbu aslinya, akan tetapi cita rasa dari bahan alami tentunya akan lebih sehat untuk tubuh.

3. Tambahkan sayuran, daging atau telur
Banyak orang yang mengatakan bahwa mie instan tidak begitu mempunyai nustrisi, akan tetapi sesunguhanya mie instan adalah salah satu sumber karbohidrat yang dapat mengenyangakan perut maka dari itu Anda dapat menambahkan bahan makanan lainya namun terasa nikmat dilidah.

Beberapa pilihan bahan yang dapat Anda masukkan kedalam mie insatal misal wortel, sawi, tomat dan sayuran hijau lainya, nah sedangkan untuk melengakapi kebutuhan protein tubuh Anda dapat menambahkan sebutir telur, udang, daging ayam yang sudah dicincang. Ataukah Anda dapat menambahkan sepotong tahu atau tempe pada mie instan, karena bahan alami tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

4. Jangan menambahkan nasi
Hal demikain tentunya sudah menjadi kebiasaan makan ala orang indonesia dan tentunya hal demikian tidaklah sehat. Hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa apabila kita tidak mengonsumsi nasi dalam sehari maka kita tidak akan merasa kenyang. Akan tetapi untuk mie instan alangkah baiknya agar tidak dicampur dengan nasi. Logikanya karena pada Mei isntan sudah terdapat karbohidrat dan kalori dengan mencampurnya dengan nasi maka kadar kadar gula akan jadi bertambah dan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi alangkah baiknya jika Anda menambahkan bahan pada poin yang telah dijelaskan.

5. Kapan harus makan mie instan
Alangkah baiknya jika anda perhatikan kapan waktu yang tepat untuk makan mie insatan, saran sebaiknya agar menghidari memakan mie instan saat menjelang tidur, itu karena pada mie instan yang kita konsumsi akan berubah menjadi gula hingga tidak bagus mengkonsumsinya saat sebelum tidur. Ingat makan sebelum tidur justru akan memberatkan sistem percernaan dimana pada saat itu harusnya tubuh beristerahat secara penuh saat kita tertidur.

Tips Cerdas Merebus Mie Instan yang Benar dan Menyehatkan | Annas Jakabaring | 4.5