Tindakan yang Harus Dilakukan Setelah Lulus Kuliah


Tindakan yang Harus Dilakukan Setelah Lulus KuliahKAINSUTERA.COM – Mungkin Anda salah satu orang yang mengira jika setelah seseorang lulus dari bangku perkuliahan maka akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Namun kenyataannya tidak jarang orang justru sulit mendapat kerja ketika telah menyelesaikan masa studinya. Sulit atau tidaknya seseorang mendapatkan pekerjaan semua tergantung bagaimana usaha yang dilakukannya. Olehnya itu, dibawah ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan atau tindakan yang harus Anda lakukan setelah lulus dari bangku perkuliahan.

 

Selesaikan Urusan di Kampus
Sebelum ada niat untuk mencari pekerjaan sebaiknya Anda selesaikan semua urusan yang masih tertinggal di kampus. Setelah dinyatakan lulus, segera lakukan revisian skripsi atau tugas akhir, dan jangan lupa untuk segera mengurus transkrip nilai dan legalisir ijazah. Hal ini penting dilakukan agar ijazah kita tidak ditahan hanya karena belum melakukan revisian skripsi.

Travelling
Saat masih duduk dibangku kuliah tentunya Anda sedikit sulit untuk travelling karena keterbatasan dana, tetapi saat kita sudah bekerja kita tidak akan punya waktu untuk travelling. Akan lebih baik ketika kita masih menjadi mahasiswa pandai mengatur dana. Jadi ketika kita sudah lulus, beri sedikit waktu untuk diri sendiri ‘bernapas’. Cobalah pergi ketempat-tempat baru. Tidak perlu jauh dan mahal, yang penting perjalanannya. Perjalanan akan membentukmu menjadi pribadi yang lebih bijak dan lebih memahami proses atas dirinya sendiri.

READ:  Membuat Halaman About Us yang Menarik Pengunjung Website

Berkarya Dengan Diri Sendiri
Do what you love and love what you do. Sebelum berkarya untuk orang lain, perbanyaklah berkarya untuk diri sendiri. Bisa jadi, hal-hal kecil seperti hobi yang kita miliki akan menjadi suatu karya yang dapat menghasilkan. Jika kamu hobi menulis, fotografi, memasak, membuat kerajinan tangan, dan lain-lain, lakukan hal itu dengan baik. Bisa jadi lho ada yang tertarik dengan ide dan karyamu.

Be Your Self!
Setelah Anda lulus, buat semua keputusan secara mandiri. Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain. Biasanya setelah lulus, orang lain cenderung meminta kita melakukan hal-hal yang biasa dilakukan orang pada umumnya. Jadikan itu referensi tetapi ingatlah untuk tetap menjadi diri sendiri.

Diskusi Dengan Diri Sendiri
Ketika Anda sudah lulus ada jarak waktu antara sebelum mendapatkan pekerjaan. Gunakan waktu tersebut sebaik mungkin untuk menilai kembali diri kita. Jangan sampai diri kita hanya mengikuti arus. Buat daftar diri sendiri tentang keinginan apa yang akan dilakukan untuk hidup ini, ingin bekerja dimana, dan lain-lain.

READ:  Berhenti Bekerja Tanpa Merusak Keahlian Anda

Jangan Malas Update CV
Curiculum Vitae atau daftar riwayat hidup merupakan sebuah perwakilan dari diri Anda. Sehingga perbaiki daftar riwayat hidup Anda dengan beberapa kegiatan yang dapat Anda ikuti. Selain kegiatan selama masih menjadi mahasiswa, seperti mengikuti organisasi baik di dalam maupun di luar kampus serta kegiatan sosial lainnya, Anda dapat menambah kegiatan lain seperti kursus keterampilan ataupun kerja paruh waktu.

Never Give Up!
Yap! Jangan pernah menyerah untuk terus mencoba dan mencari lamaran kerja yang pas dengan Anda. Sekalipun Anda akan ditolak dalam melamar kerja dan merasa putus asa, hingga Anda merasa lelah dengan itu semua dan tidak ingin mencoba kembali, jangan pernah putus asa.

Kegagalan dalam melamar kerja harus Anda jadikan sebagai bekal untuk memperbaiki diri menghadapi berbagai lamaran dan tes kerja yang akan Anda lakukan kedepannya. Ingatlah, tidak semua pintu tertutup, pasti ada salah satu pintu yang masih terbuka. Lagipula, kita tidak ingin kan selamanya menganggur?

Perbanyak Koneksi
Selain menjaga hubungan baik dengan dosen dan teman-teman di kampus, perbanyaklah koneksi Anda karena ada istilah getting the job is about who you know. Buka dirimu seluas-luasnya dan jadilah pribadi yang mudah diajak bergaul.

READ:  Keramahan bisa Memicu Sikap Sinis saat Kerja

Jika Ingin Kuliah Lagi
Akhir-akhir ini beberapa perusahaan menawarkan posisi yang lebih tinggi tentu dengan kualifikasi pendidikan yang tinggi pula. Bisa saja Anda selesai gelar sarjana melanjutkan ke pendidikan master lalu PhD. Sudah banyak beasiswa yang digelar oleh institusi baik swasta maupun pemerintah bagi orang-orang yang berniat melanjutkan studi pasca sarjana. Tetapi hal ini bukan berarti karir Anda akan cemerlang. Pendidikan pascasarjana akan lebih bermanfaat pada mereka yang tertarik pada bidang akademis atau sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Langsung Bekerja atau Menikah?
Terkadang kita sering ditanya ketika selesai akan melanjutkan kemana. Semua pilihan ada ditangan Anda. Baik langsung bekerja ataupun menikah jika sudah menemukan orang yang tepat untuk dinikahi merupakan jalan yang sama baiknya. Ingat, tetap libatkan masukan-masukan dari orang-orang yang ada disekitar Anda.

Nah, itu tadi merupakan beberapa hal yang perlu dipikirkan dan dilakukan setelah lulus kuliah. Memang dari sejak menjadi mahasiswa, lulus, bekerja merupakan masa-masa yang penuh dengan ketidakpastian sehingga Anda harus bisa menikmati proses tersebut. Selamat berjuang ya! Semoga bermanfaat.