Loading...

Berbagai Jenis Olahraga yang Baik di Saat Berpuasa

By Annas Jakabaring Categories: Gaya Hidup
Berbagai Jenis Olahraga yang Baik di Saat BerpuasaKAINSUTERA.COM – Saat berpuasa, biasanya kebanyakan orang malas untuk berolahraga karena dapat melemaskan tubuh dan membuat dahaga semakin bertambah. Selain ngabuburit ke tempat-tempat asyik di bulan Ramadan, Anda juga dapat melakukan aktivitas olahraga yang khusus dibulan ramadhan sambil menunggu datangnya buka puasa.

Memilih jenis olahraga dan porsi yang pas, kegiatan berolahraga di bulan puasa dijamin tidak akan bikin badan lemas. Bagi yang belum terbiasa berolahraga ketika puasa, Anda bisa mencoba beberapa jenis kegiatan yang tidak terlalu banyak menguras tenaga seperti ulasan kain sutera berikut ini.

Jalan Santai

Saat memasuki awal puasa, olahraga yang baik untuk dilakukan yaitu jalan santai keliling kompleks rumah selama 15 menit di minggu pertama bisa Anda coba lakukan. Seiring dengan jalannya waktu, Anda bisa tingkatkan menjadi 20 menit, 30 menit, sampai 1 jam setiap harinya. Kecepatannya juga bisa disesuaikan, dari yang benar-benar santai sampai jalan cepat.

Jogging

Jika Anda sudah terbiasa dengan olahraga lari, mencoba jogging sore selama 15 hingga 30 menit sehari juga bisa Anda coba. Namun harus diperhatikan adalah detak jantung Anda. Biasanya ketika berolahraga di saat puasa, jantung menjadi mudah berdebar. Jika jantung berdebar terlalu kencang, Anda bisa berhenti jogging atau mengurangi durasi lari di esok harinya.

Yoga

Olahraga anaerobic ini atau yang lebih dikenal dengan sebutan yoga, dapat membangun tubuh sehat dan ideal. Selain itu, gerakannya mudah dilakukan dalam keadaan yang tenang dan perlahan. Tapi jangan salah, karena kalau salah gerakan bisa berakibat fatal. Selama puasa ini, kita coba gerakan yang lebih fokus ke gerakan stretching, seperti child pose, cobra pose, camel pose, atau downward facing dog pose. Hindari gerakan yang menahan beban tubuh terlalu berat seperti planking pose.

Sepeda Santai

Lebih suka berolahraga menggunakan alat? Coba bersepeda aja. Kalau sudah biasa bersepeda jarak jauh, kali ini kita coba bersepeda dengan jarak yang lebih pendek. Jangan sampai karena sudah terbiasa, kita jadi lupa kalau cairan di tubuh kita sekarang itu terbatas. Enggak mau dehidrasi di saat olahraga, kan?

Berenang

Kita juga bisa berenang buat olahraga saat bulan puasa. Selama air tidak masuk ke mulut kita, berenang waktu masih puasa enggak jadi masalah, kok. Berenang 30 menit sehari juga sudah cukup dan menyehatkan. Lakukan istirahat setelah berenang 1 lap dengan gaya katak. Gerakan ini enggak melelahkan, tapi cukup bikin seluruh otot tubuh bergerak.

Berbagai Jenis Olahraga yang Baik di Saat Berpuasa | Annas Jakabaring | 4.5