Loading...

Sikap yang Bijak dalam Menangani Perasaan Cemburu ke Pasangan

By Annas Jakabaring Categories: Pernikahan
Sikap yang Bijak dalam Menangani Perasaan Cemburu ke PasanganKAINSUTERA.COM – Rasa cemburu tentu seringkali menghampiri siapa saja dan apa saja permasalahannya apakah Anda belum memiliki pasangan (Suami Istri) atau sudah. Bagi Anda yang sudah memiliki pasangan, jangan pernah menganggap jika hubungan Anda berjalan lancar seperti yang Anda inginkan sebab akan ada suatu waktu hubungan yang Anda jalin akan dihinggapi masalah dan perseteruan.

Dari sekian banyak masalah yang seringkali menghampiri pasangan suami istri salah satunya adalah masalah rasa cemburu ke pasangan. Untuk itulah, ketika rasa cemburu mendera seseorang, rasanya perlu sekali mengupayakan cara untuk bisa mengatasi rasa cemburu tersebut agar tidak berlebihan dan memicu perkara masalah yang besar. Dari itu kainsutera.com dalam kategori pernikahan akan membahas bagaimana cara bijak dalam menangani perasaan cemburu kepasangan agar pernikahan Anda berjalan sampai tua bersama-sama.

1. Temukan Alasan Mengapa Anda Cemburu

Ketika rasa cemburu menghampiri Anda, hal yang pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan menemukan apa alasan Anda merasa cemburu. Sebab pada umumnya, rasa cemburu timbul karena perasaan curiga, perlakuan yang berbeda dan juga karena cara pandang kita terhadap pasangan yang berbeda dari faktanya. Jika Anda merasa cemburu dengan hal ini atau Anda mencurigai pasangan memiliki hubungan dengan lawan jenis lain. Maka jangan langsung marah dan merasa cemburu buta pada pasangan. Sebaliknya, ketahui dulu kebenarannya. Jika sebenarnya pasangan memang sibuk karena pekerjaan, maka berikan dia ruang untuk bekerja. Sebab semua itu dilakukannya semata-mata demi kesejahteraan keluarganya.

2. Percaya

Poin yang satu ini mungkin terkesan sulit dan berat dilakukan jika rasa khawatir dan curiga masih terus membendungi benak Anda. Namun, percaya atau tidak rasa cemburu tersebut bisa dihentikan dengan rasa percaya terhadap pasangan. Percayalah pada pasangan Anda dan percayalah bahwa Anda adalah satu-satunya orang yang dia cintai. Rasa percaya ini bisa diperkuat dengan saling mencintai satu dengan yang lainnya. Dengan semakin besarnya ikatan cinta antara satu sama lain, maka rasa saling mempercayai akan juga lebih besar. Yakinlah, saat pasangan berada diluar mencari nafkah, semua yang dilakukanya semata-mata untuk memperjuangkan kesejahteraan Anda bersama dengan keluarga.

3. Berhentilah Membandingkan Diri Anda Dengan Oranglain

Rasa cemburu terhadap pasangan erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Terlalu banyak membandingkan diri dengan orang lain malah akan membuat api cemburu anda terhadap pasangan semakin tersulut dan membesar sehingga meredupkan rasa percaya diri dan kepercayaan pada pasangan. Untuk itulah, berhentilah membandingkan diri yang bisa membuat api cemburu terus hadir dalam benak Anda, sebaliknya daripada Anda terus-terusan membandingkan diri dengan oranglain, sebaiknya perbaikilah diri Anda untuk meningkatkan kualitas diri Anda. Ketika menemukan pasangan banyak memiliki rekan kerja yang lebih terlihat indah dan terlihat menawan, maka hentikan pemikiran Anda tentang membanding-bandingkan diri. Betapapun percayalah pada pasangan untuk saling mencintai dan mempercayai satu sama lain. Katakan pada pasangan jika Anda percaya mereka tidak akan pernah mengkhianati cinta tulus yang ada diantara berdua.

4. Behentilah Berimajinasi

Rasa cemburu biasanya datang karena seseorang terlalu banyak berimajinasi dan banyak memikirkan hal negatif. Apalagi jika ia adalah tipikal orang yang seringkali terlalu menghayati sebuah adegan sinetron. Semua hal yang terjadi dalam film dan sinetron akan diserapnya dan dituangkan dalam imajinasi kehidupan sehari-harinya. Hal inilah yang pada akhirnya membuat pemikiran negatif lebih banyak muncul dan membuat rasa curiganya terhadap pasangan menjadi semakin membesar. Olehnya itu, untuk mengatasi hal ini terjadi, maka jangan berikan ruang dalam otak Anda untuk memikirkan hal yang tidak-tidak yang bisa merusak rumah tangga Anda. Sebaliknya, luangkan waktu Anda untuk mengerjakan sesuatu yang lebih berguna seperti menyiapkan makan malam menunggu suami datang atau lain sebagainya. Kesibukan akan dapat mencegah otak dan pikiran memikirkan hal yang tidak masuk akal.

5. Jangan Bersikap Berlebihan

Perilaku yang berlebihan bukan saja membuat Anda semakin cemburu, namun juga membuat pasangan merasa risih dan juga jengkel dalam menghadapi sifat Anda. Untuk itu, lakukan riset keadaan dan jangan langsung menumpahkan emosi dan kekesalan pada pasangan dengan langsung menghakimi dan menghujatnya tanpa alsan. Pasangan tentu akan merasa bingung dengan sikap anda. Jika tidak ada bukti yang kuat dan alasan yang jelas, maka jangan tiba-tiba menyulut pertengkaran, apalagi jika anda tidak tahu tempat menumpahkan emosi Anda. Bukan malah tersalurkan dengan baik, rasa cemburu ini malah akan menjadi bumerang yang merugikan Anda.

Rasa cemburu memang hal yang wajar terjadi dalam sebuah hubungan, karena ini mengindikasikan jika Anda mencintai pasangan dan tidakak ingin jika sampai kehilangannya. Namun mengetahui bagaimana mengatasi cemburu dan menyalurkannya dalam hal yang lebih baik akan membuat hubungan Anda jauh dari masalah.

Sikap yang Bijak dalam Menangani Perasaan Cemburu ke Pasangan | Annas Jakabaring | 4.5