Efek Negatif Keseringan Begadang Bagi Pertumbuhan Remaja

By Annas Jakabaring Categories: Gaya Hidup
Efek Negatif Keseringan Begadang Bagi Pertumbuhan RemajaKAINSUTERA.COM – Begadang atau tidak tidur sepanjang malam, merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang dewasa. Namun sekarang ini atau di zaman modern sekarang ini, begadang tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja. Para remaja yang masih berusia belasan tahun pun sudah banyak yang ikut begadang.

Banyak hal yang membuat para remaja sering begadang yang disayangkan remaja ini masih berstatus anak sekolah. Selain dapat mengganggu waktu untuk belajar maka akan berdampak pula saat disekolah, datang diseolah bukannya datang belajar malah datang tidur karena itu tadi tidak tidur sepanjang malam.

Begadang dapat diartikan sebagai menunda waktu untuk istirahat, menunda tidur malam, dan menghabiskan waktu malam. Tahukah Anda jika begadang itu mempunyai efek buruk untuk kesehatan? Apa lagi buat yang masih remaja. Olehnya itu, mumpung belum terlambat disini kainsutera.com akan mengulas informasi tentang efek negatif keseringan begadang bagi pertumbuhan remaja. Berikut ulasannya.

1. System kekebalan tubuh menyusut

Apakah Anda tahu khususnya remaja jika tidur sudah larut malam maka akan menghancurkan beberapa sel darah putih. Sel darah putih ini berfungsi untuk kekebalan tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya hindari tidur larut malam sebab jika kekebalan tubuh menjadi menurun, maka dapat dipastikkan Anda akan mudah sakit. Dan tentunya ini akan sangat merugikan Anda yang masih remaja, karena dapat mengahambat segala aktifitas.

2. Konsentrasi menurun

Bagi Anda yang berstatus pelajar, kurang tidur maka akan dapat mengakibatkan terganggunya konsentrasi saat Anda sedang belajar dan tentu Anda bisa mengantuk pada saat guru menerangkan pelajaran. Lalu akan berdampak buruk untuk nilai akademik Anda.

3. Tambah gemuk

Tidur malam mempunyai dampak negatif pada berat badan Anda yang mungkin saja mengakibatkan penurunan berat tubuh, namun seringkali penambahan berat badan. Kurang tidur beresiko negatif pada kandungan hormon didalam tubuh. Dengan cara khusus, hormon leptin serta ghrelin, yang memerankan peranutama dalam fungsi kelaparan serta nafsu makan, bisa jadi tidak seimbang. Ghrelin merangsang badan untuk makan, dan leptin memerankan fungsi memberi informasi pada tubuh bahwa Anda telah kenyang. kurang tidur mengakibatkan tingkat ghrelin bertambah serta tingkat leptin alami penurunan, yang kerap menyebabkan makan terlalu berlebih yang mengakibatkan penambahan berat badan.

4. Stres

Karena kurang tidur Anda akan mengalami stress, sering geram, marah-marah, serta terlihat mudah emosi dalam melakukan sesuatu. Tentu ini sangat merugikan bagi Anda yang masih sekolah, karena tidak ada yang ingin berteman dengan Anda karena Anda mudah emosi.

5. Mengakibatkan penyakit jantung dan stroke

Sering Tidur larut malam yang berkelanjutan membuat Anda akan rawan pada penyakit jantung serta dapat berbuntut pada penyakit stroke. Saat istirahat yang kurang maksimal bakal bikin tekanan darah dapat bertambah lantaran tidak memperoleh istirahat yang cukup. tentunya Anda tidak ingin masih muda sudah terkena serangan jantung dan stroke bukan?

Itulah beberapa dampak keseringan begadang yang dapat menyebabkan dampak negatif bagi kita, khususnya para remaja. oleh karena itu mulai dari sekarang kurangilah aktivitas begadang di malam hari. kalau sudah waktunya istirahat, sebaiknya Anda lekas untuk beristirahat, jangan dibiasakan tubuh untuk memaksa yang bukan sewajarnya, karena dengan logika saja kita bisa menyimpulkan segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan pasti akan ada dampaknya.  Semoga ini bermanfaat bagi kita semua dan kita selalu diberikan kesehatan oleh yang maha memberi kesehatan.

Efek Negatif Keseringan Begadang Bagi Pertumbuhan Remaja | Annas Jakabaring | 4.5