Loading...

Anak Bertanya tentang Hubungan Lawan Jenis

By Annas Jakabaring Categories: Menjelang Masa Remaja

Anak Bertanya tentang Hubungan Lawan JenisKAINSUTERA.COM – Masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang tua saat anak-anak mereka tumbuh dewasa dan mengalami masa puberitas apalagi jika sudah bertanya tentang hubungan lawan jenis atau masalah cinta. Bagi Anda para orang tua harus berlaku bijak menangani masalah anak Anda karena Anda juga pernah mudah dan merasakan cinta pertama dalam hidup Anda.

Pastinya Anda sudah tahu jika remaja itu adalah masa-masa paling indah, romantis dan mulai mengenal lawan jenis atau merasakan jatuh cinta. Masa remaja pula, dimana banyak godaan dan kadang belum bisa diatasi oleh anak remaja Anda. Menangani hal ini kainsutera.com memeberikan beberapa solusi bagi orang tua yang mungkin saja sangat bermanfaat yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Berbagai pengalaman masa remaja Anda

Ketika anak sudah mulai ada perasaan suka dan naksir pada temannya maka anak Anda akan merasa hal itu adalah cinta sejatinya padahal perjalanan hidup anak Anda masih sangat panjang. Bagi Anda orang tua sebaiknya mengambil beberapa tindakan dan meluruskan situasi yang dialami oleh anak Anda. Cara terbaik adalah dengan berteman dengan anak Anda, kemudian bagi pengalaman masa remaja Anda seperti yang kami sebutkan diatas agar anak Anda memahami apa yang harus dia lakukan.

Berbicara serius dengan anak Anda

Seorang remaja akan lebh cenderung untuk jatuh hati kepada lawan jenisnya. Pada awalnya saling menggoda yang kemudian percaya jika persahabatan adalah ikatan seumur hidup. Namun saat hal itu tidak berjalan dengan mulus maka anak remaja tersebut akan mengalami stress. Ketika hal ini terjadi, maka Anda harus mengambil tindakan yaitu dengan berbicara serius dengan anak Anda bahwa usia berapa seharusnya memiliki ikatan serius dengan lawan jenis.

Jelaskan efek dari menggoda lawan jenis

Cobalah menjelaskan pada anak Anda jika senyuman atau sikap ramah seseorang jangan disalahartikan sebab hal itu bisa saja itu tanda sopan santunnya, karena disaat masih masa remaja yang ada hanyalah teman, belum sampai ke tahap lebih jauh. Anak juga perlu diingatkan bahwa mereka harus lebih dewasa untuk menggoda lawan jenis.

Orangtua menyesuaikan diri dengan zaman

Bagi orang tua harus ketahui sekarang zaman sudah berubah dan tidak seperti zaman Anda dahulu. Disatu sisi, sebagai orang tua janganlah terlalu memaksakan kehendak kepada anak atau melarangnya. Satu sisi, beri pemahaman pada anak, awasi pergaulannya dengan teman-temannya. Jika semua berjalan baik, orang tua bisa saja mendukung anak berpacaran.

Anak Bertanya tentang Hubungan Lawan Jenis | Annas Jakabaring | 4.5