Loading...

Tips Sukses dalam Bekerja Bagi Para Fresh Graduate

By Annas Jakabaring Categories: Karir dan Pekerjaan

Tips Sukses dalam Bekerja Bagi Para Fresh GraduateKAINSUTERA.COM – Anda salah satu mahasiswa yang baru saja menyelesaikan pendidikan kuliah? Tentu mencari pekerjaan merupakan aktivitas yang tiap harinya Anda lakukan. Memang sedikit sulit bagi para mahasiswa yang baru lulus untuk mencari pekerjaan intinya jangan sampai semangat Anda memudar dan berkecil hati jika belum juga mendapatkan.

Bagi para mahasiswa yang baru saja lulus memang pengalaman dalam dunia kerja masih tergolong minim dan masih butuh bimbingan. Ingat dunia kerja tidak selalu menjadi milik mereka yang memiliki pengalaman kerja. Anda yang baru lulus kuliah pun memiliki peluang besar untuk meniti karir didunia kerja, namun bagaimana caranya?

Seperti yang dipaparkan Kimora Lee Simmons dalam bukunya Fabulosity, ada beberapa tips sukses bekerja untuk fresh graduate yang bisa membantu Anda mencari pekerjaan yang tepat dan tentunya mencapai prestasi yang diharapkan.

Selalu update dan berwawasan luas

Bekali diri Anda dengan wawasan yang luas tentang pekerjaan yang sedang Anda geluti saat ini. Ikuti setiap update agar tidak ketinggalan informasi berharga yang memperngaruhi dunia kerja Anda. Penting untuk memastikan informasi adalah valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Anda akan memiliki nilai tambah jika memiliki wawasan diluar bidang bekerjaan Anda. Semakin lengkaplah! Alias tidak kuper.

Setiap informasi yang Anda terima akan menjadi input yang baik bagi perusahaan. Misalnya ketika Anda mendapatkan informasi tentang strategi marketing perusahaan kompetitor, jangan sungkan untuk menyampaikan kepada atasan.

Jadilah connector atau penghubung

Mulailah menjalin networking dengan teman baru, selain itu maksimalkan juga networking yang telah Anda jalin sebelumnya. Kenalan atau teman semasa kuliah bisa menjadi jaringan yang mungkin akan membantu karir Anda dimasa depan. Gali informasi sebanyak mungkin dan jadilah connector atau pengubung yang baik terutama dibidang kerja yang sedang Anda geluti. Setiap informasi yang masuk harus berharga dan memiliki kontribusi untuk perkembangan perusahaan dan tentunya pekerjaan Anda saat ini.

Jangan mengeluh!

Sebagai fresh graduate, Anda masih perlu banyak belajar dan mencari pengalaman. Jadi, jadilah pribadi yang positif dan jangan mengeluh. Buang semua pikiran negatif dan bekerjalah dengan maksimal. Salah satu kalimat sederhana yang selalu harus Anda ingat yaitu “dont complaint!”.

Semakin sering mengeluh maka Anda akan semakin terlihat lemah dan kurang percaya diri. Inilah waktu yang tepat untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin, meski pekerjaan yang dibeban terkesan sulit. Jadi, biasakanlah dan jangan mengeluh!

Bersikap profesional dan rendah hati

Tidak ada yang suka dengan sikap sombong bahkan dalam dunia kerja. Apalagi jika Anda masih tergolong karyawan baru, hindari perasaan bahwa Anda orang spesial / penting dalam perusahaan. Sebaliknya, posisikan diri Anda sebagai pekerja profesional yang fokus memberikan kontribusi untuk perusahaan.

Jangan lupa untuk bergaul dengan rekan-rekan dikantor dengan rendah hati. Termasuk ketika bergaul dengan office boy sekalipun. Jadilah pekerja yang menghormati setiap karyawan lain baik itu status / posisi jabatanya diatas atau dibawah Anda.

Carilah mentor untuk belajar

Wajib bagi Anda yang ingin berkembang untuk mencari mentor dalam karir Anda. Carilah rekan senior atau atasan yang bisa membimbing dan memberi Anda arahan untuk berkembang. Anda akan mendapatkan banyak ilmu yang biasanya tidak akan Anda temukan selama kuliah. Jadi, pintar-pintarlah dalam bergaul dan memilih mentor untuk kemajuan karir dan pekerjaan Anda.

Tips Sukses dalam Bekerja Bagi Para Fresh Graduate | Annas Jakabaring | 4.5