Selamat Hari Jadi Indonesaku 71

By Annas Jakabaring Categories: Pendidikan

Selamat Hari Jadi Indonesaku 71KAINSUTERA.COM РSebelumnya SALAM MERDEKA  buat kita semua orang Indonesia. Tidak terasa Indonesia, Negara yang kita cintai ini sudah 71 tahun umurnya. Hari ini dimana-mana orang sibuk merayakan hari jadi negara kita Indonesia. Namun disayangkan kita belumlah betul-betul merdeka dalam beberapa hal. Bukan semakin besar cinta warga Indonesia pada negara sendiri, yang ada malah sebaliknya.

Disaat banyak negara luar sana, yang sudah semakin maju dengan segala hal yang dimilikinya, Indonesia masih saja berkemelut dengan korupsi, yang tidak kunjung ada hentinya. Maka dari itu, mari sejenak kita mengingat kembali, kenapa kita harus menghargai kemerdekaan Indonesia yang dulu sangat sulit didapat.

Pada kesempatan ini kain sutera memeberikan beberapa alasan mengapa kita harus menghormati Kemerdekaan Indonesia.

Kemerdekaan bukanlah hal yang mudah buat diraih

Inilah alasan pertama mengapa kita harus menghargai dan menghormati Negara Indonesia. Kemerdekaan kita bukanlah hal yang mudah buat diraih. Para pahlawan rela mengeluarkan harta, jiwa dan raga mereka buat memerdekakan Indonesia yang dijajah berabad-abad oleh berbagai negara.

Indonesia bahkan harus berada dibawah penjajahan Belanda selama 350 tahun, Coba saja kita bayangkan selama itu pula para pahlawan kita harus berjuang merebut kembali kemerdekaan kita.

Pahlawan kita berjuang tanpa pamrih

Para pejuang kita terdahulu tidaklah berperang mengharapkan uang sepeser pun, dari memerdekakan negara Indonesia, mereka hanya berharap Indonesia dapat merdeka. Semuanya bakal mereka perjuangkan untuk hal tersebut. Bagaimana jadinya jika para pahlawan Indonesia mengharapkan imbalan disetiap darah yang sudah dia korbankan? kita mau bayar pakai apa?

Pahlawan wafat bukan cuma sekedar mengharapkan semboyan, tapi harapan nyata demi Indonesia

Terdahulu, pahlawan Indonesia pastinya berjung bukan cuma untuk semboyan INDONESIA MERDEKA, tetapi mereka juga berharap banyak untuk kemajuan Indonesia nantinya, Indonesia, yang jadi negara maju, pusat segala-galanya.

Sewaktu sebelum kemerdekaan, bahkan hingga awal kemerdekaan, Indonesia belum bisa dibilang sebagai negara yang “baik” dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Oleh sebab itulah pahlawan berharap banyak buat generasi-generasi selanjutnya, demi negara Indonesia, tercinta.

Bukan cuma berkorban usaha/tenaga, Indonesia juga diperjuangkan dengan pemikiran

Indonesia, bukan cuma diperjuangkan dengan bambu runcing saja, Indonesia juga diperjuangkan dari segi pemikiran. Pahlawan kita harus berfikir, kapan waktu yang baik buat memerdekakan Indonesia, kapan waktu dimana para penjajah lengah, supaya waktu-waktu seperti itu bisa dimanfaatkan demi kemerdekaan Indonesia, kita. Contoh, ketika Pak Soekarno, yang harus secara bijak, menentukan kapan waktu yang pas buat memproklamirkan Indonesia.

Maka dari itu , kita sebagai generasi penerus juga harus berjuang, bukan cuma dari otot, tapi juga dari otak, salah satunya yaitu dengan banyak belajar.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya

Pastinya Anda pernah mendengar pepatah diatas. Bagaimana tidak tanpa adanya pahlawan, mungkin negara Indonesia ini tidak ada. Tanpa berharap imbalan, mereka memperjuangkan, harta jiwa, raga, bahkan keluaga. Apakah terlalu sulit, bagi kita generasi sekarang, buat menghargai jasa para pahlawan? Hanya menghargai saja tidak lebih. kami rasa TIDAK.

Negara Indonesia adalah negara kita bersama

Negara Indonesia adalah negara kita bersama. Dulu, pahlawan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia secara bersama-sama, dengan tanpa memandang etnis, serta suku adat ras dan agama, satu tujuan, Indonesia Merdeka.

Indonesia juga adalah milik kita, para penerus generasi bangsa. Tidak bisa hanya bertumpang pada pemerintah saja, tetapi kita pun harus ikut berjuang demi majunya negara kita tercinta. Ibarat badan, sakit satu, maka seluruh anggota badan akan merasakan hal yang sama. Dan juga, saat anggota badan yang satu bergerak, maka semuanya juga harus berkoordinasi, begitulah seharusnya kita!

Apakah sesulit itu bagi kita untuk menghargai kemerdekaan Indonesia?

Sepertinya tidak sesulit itu, untuk hanya menghargai kemerdekaan Indonesia. Banyak cara untuk menghargai kemerdekaan Indonesia, contohnya berjuang demi nama baik Indonesia, rajin belajar, tidak tawuran, dan sebagainya.

Dengan mengikuti upacara bendera, juga merupakan bentuk kecil kita menghargai kemerdekaan Indonesia, dengan tidak membuang sampah sembarang, juga merupakan bentuk kita menghargai kemerdekaan Indonesia, dengan tidak KORUPSI, waktu, uang, dan sebagainya, juga merupakan bentuk kita menghargai kemerdekaan Indonesia, dan para pahlawan kita dulunya.

Jadi, masih adakah alasan kita, buat tidak menghargai kemerdekaan Indonesia? mari dipikirkan kembali!!!

Pesan TS
Mulai sekarang, marilah kita sejenak bermenung, sudah sampai manakah bentuk kita menghargai kemerdekaan kita? sudahkah kita memulainya dari hal yang kecil sekalipun, jika belum, mari kita berbenah, mencoba untuk memulai, dan meneruskan hal tersebut. HIDUP INDONESIA!!!

Selamat Hari Jadi Indonesaku 71 | Annas Jakabaring | 4.5