Loading...

Mengetahui Masa Subur Wanita yang Merencanakan Kehamilan

By KainSutera.com Categories: Info Remaja, Keluarga, Pernikahan, Tips Dewasa
Banyak orang mengandalkan alat tes kesuburan. Padahal, tanpa alat tersebut setiap orang bisa menganalisa sendiri tingkat kesuburannya. Mengetahui masa subur sangat penting bagi wanita yang tengah merencanakan kehamilan. Yang harus Anda lakukan hanya pengamatan untuk melacak perubahan pada tubuh selama siklus menstruasi.

Berikut ada tiga caranya:

Siklus menstruasi.
Metode ini bisa dilakukan jika siklus menstruasi Anda teratur yaitu 28 hari. Karena jika siklus tidak teratur, Anda mungkin tidak dapat menentukan tanggal yang tepat.

Cairan serviks (cervical mucus).
Amati lendir leher rahim (cervical mucus) yang keluar dari alat kelamin. Anda harus mengamati konsistensi, volume dan tekstur lendir dalam satu atau dua bulan, untuk mengamati perubahannya pada waktu ovulasi. Caranya dengan mengambil dengan jari lendir leher rahim.

Suhu tubuh.
Mengetahui suhu tubuh basal Anda merupakan cara lain untuk menentukan masa kesuburan. Sekitar waktu ovulasi Anda akan mengalami sedikit mengalami lonjakan suhu tubuh. Tapi metode ini bersifat tambahan, dan untuk menganalisa harus digabung dengan dua metode diatas. (adi)

Mengetahui Masa Subur Wanita yang Merencanakan Kehamilan | KainSutera.com | 4.5