Loading...

Tips Menerima dan Menanggapi Kritikan di Kantor

By KainSutera.com Categories: Karir dan Pekerjaan
Tips Menerima dan Menanggapi Kritikan di KantorBagi orang yang bekerja di kantoran tentunya mendapat kritikan dari atasan atau bos adalah hal yang tidak bisa anda hindari apalagi jika anda adalah seorang yang pemula dan tentunya itu adalah hal yang menyakitkan buat anda sehingga banyak orang yang menjadi kesal jika sudah dikritik oleh atasan atau rekan kerja. Itu juga yang menjadi penghambat kerja. Padahal, kritikan dari mereka bisa menjadi pelajaran buat Anda untuk dapat bekerja lebih baik lagi kedepannya. Berikut ini tips menerima dan menanggapi kritikan dari rekan kerja atau atasan anda.

1. Jangan dianggap personal
Ketika dikritik oleh bos atau kolega, jangan langsung menganggap bahwa mereka sedang berusaha menyerang Anda secara pribadi. Cobalah terima dulu informasi yang mereka berikan. Siapa tahu, kritikan itu benar-benar dikemukakan demi kebaikan Anda sendiri.

2. Dengarkan terlebih dahulu
Reaksi umum yang terjadi saat mendapat kritikan adalah bersikap defensif, sebelum Anda selesai mencerna dan memahami kritikan yang disampaikan. Jadi dengarkan terlebih dahulu secara menyeluruh, supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

3. Ambil sisi positifnya
Mendapat kritikan itu tak selalu buruk. Lihatlah sisi positifnya. Anggap saja kritikan itu menjadi hadiah Anda yang bisa membantu Anda menjadi orang yang lebih maju dan berkembang. Kritikan yang didapat juga dapat digunakan untuk mengumpulkan beragam informasi dari orang lain mengenai kinerja Anda.

4. Bela diri hanya bila dibutuhkan
Ada kalanya membela diri dibutuhkan, terutama ketika kritikan yang dilontarkan terkesan menyerang diri Anda secara pribadi. Tapi sebelum melakukannya, Anda harus bisa membedakan dengan cermat. Itulah mengapa Anda harus mendengarkan dengan benar dan bila perlu, minta beberapa pendapat, bukan hanya satu.

Tips Menerima dan Menanggapi Kritikan di Kantor | KainSutera.com | 4.5